PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKANKETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 GANDAPURA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Authors

  • Fatimah Fatimah Prodi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim
  • rahma Rahma

Abstract

Observasi awal dan wawancara singkat di SMP Negeri 1 Gandapura ditemukan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi fisika. Selain itu, keterampilan-keterampilan siswa dalam bidang fisika seperti keterampilan proses sains siswa juga tidak berkembang dan meningkat. Oleh karena itu, peneliti bermaksud mengadakan upaya perbaikan dengan menggunakan model Quantum Teachingberbasis media animasi dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Gandapura. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gandapura. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah berupa RPP, LKS, tes, lembar observasi dan angket. Selanjutnya data dianalisis dengan statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching berbasis media animasi dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gandapura pada materi listrik dinamis. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dalam belajar yaitu dari 72% pada siklus pertama menjadi 88% pada siklus kedua. Selain itu juga ditunjukkan dengan meningkatnya persentase aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus. Aktivitas guru meningkat dari 78% pada siklus pertama menjadi 95% pada siklus kedua. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus pertama sebesar 76% menjadi 96% pada siklus kedua. Baiknya respon siswa terhadap penggunaan model Quantum Teaching berbasis media animasi ditunjukkan dengan tingginya rata-rata persentase jumlah siswa yang senang dan setuju terhadap pelaksanaan model Quantum Teaching berbasis animasi dalam pembelajaran.

 

Keywords: Quantum Teaching, Media Animasi, Keterampilan Proses Sains, Listrik Dinamis

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta

Deporter. 2010. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Fatimah . 2017. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK N 1 Nisam. Jurnal Pendidikan Almuslim, Edisi Khusus, No. 3 Mei 2017 ISSN: 2338-7394. Alamat akses http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/article/view/288.

Hatika,R. G. 2016.Peningkatan Hasil Belajar Fisika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantu Animasi Komputer. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 12 (2) (2016) 113-117, P-ISSN: 1693-1246 alamat akses: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpfi

Susiwi, dkk. 2009. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada “Model Pembelajaran Praktikum D-E-H†Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 14 ISSN: 1412-0917 No. 2 Oktober 2009.

Trianto 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Yanuarti,Ary &A. Sobandi. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching (Efforts To Improve Student Learning Through Application Of Models Of Quantum Learning Teaching). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 11-18, alamat akses http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000 .

Published

2019-08-01