PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEWANTARA PADA KONSEP HUKUM NEWTON
Abstract
Pada umumnya masih banyak guru yang menerapkan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, guru terlibat aktif dalam proses pembelajaran sedangkan siswa hanya menerima pembelajaran secara pasif. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Model pembelajaran Accelerated Learning memberi kesempatan kepada siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Dewantara pada konsep hukum Newton melalui penerapan model pembelajaran Accelerated Learning. Penelitian eksperimen semu dengan desain one group design. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas X mandiri SMA Negeri 1 Dewantara. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Accelerated Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t diperoleh thitung (17,9) > ttabel (1,70) pada taraf signifikan 0,05 dengan dk (N -1) = 29.
Kata kunci: Accelerated Learning, hasil belajar, hukum Newton
References
Ahmad, Sopandi. (2010). Indeks Gain. http://www.matematika.us/: diakses tanggal 29 oktober 2012.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyanti dan Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Rahman, Syaiful. (2010). Model Pembelajaran Accelerated Learning. http://kanjengsyaifulrahman.blogspot.com/: diakses tanggal 5 mei 2012.
Rose, Colin dan Malcolm J. Nicholl. (2002). Accelerated Learning For The 21 ST Century Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung : Nuansa.
Sanghokyrezqi. (2011). Pengertian Model Pembelajaran . http://id.shvoong.com/social-sciences/education. diakses tanggal 7 Juli 2012.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Subana dkk. (2005). Statistik Pendidikan Edisi ke II. Bandung: Pustaka Setiawan
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana