KEMAMPUAN MEMBACA CERITA ANAK PADA SISWA KELAS IV SD DESA JANGKA KEUTAPANG KECAMATAN JANGKA KABUPATEN BIREUEN
Abstract
Judul penelitian ini “Kemampuan Membaca Cerita Anak pada Siswa Kelas IV SD di Desa Jangka Keutapang Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen”. Adapun yang melatar belakangi pelaksaan penelitian di atas adalah untuk mendeskripikan kemampuan membaca cerita anak pada siswa di Kelas IV SD di Desa Jangka Keutapang Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen dalam aspek ketepatan mengucapkan huruf, kejelasan intonasi, kelancaran dan gerak gerik dan mimik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes dan hasil observasi. Sumber datanya adalah siswa kelas IV SD yang berasal dari Desa Jangka Keutapang yang berjumlah 6 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa dapat membaca cerita dengan baik. Hal ini terbukti kemampuan membaca mereka yang peroleh nilai sangat baik 17%, siswa yang mendapatkan nilai baik 50%, siswa yang mendapatkan nilai cukup 33% dan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai kurang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca cerita anak rata-rata sudah baik, baik dari aspek ketepatan mengucapkan huruf, kejelasan intonasi, kelancaran maupun gerak-gerik dan mimik mereka.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca Cerita Anak