PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL KOSMOGRAFI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATAKULIAH KOSMOGRAFI DI UNIVERSITAS ALMUSLIM

Authors

  • Muthmainnah Muthmainnah

Abstract

Pengembangan modul digital kosmografi merupakan pengembangan bahan ajar dalam bentuk digital yang bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul dalam pembelajaran kosmografi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul digital berbasis multimedia sebagai sumber balajar mata kuliah kosmografi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan (education research and development) yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu, 1) analisis kebutuhan, 2) tahap pengembangan, 3) validasi dan uji coba, dan 4) diseminasi. Pada produk yang dihasilkan dilakukan review terhadap ahli media dan ahli materi yang kemudian dilakukan revisi sesuai saran. Pada tahap evaluasi selanjutnya produk diuji cobakan pada mahasiswa semester tiga program studi pendidikan geografi Universitas Almuslim, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) pengembang modul telah melalui langkah-langkah sistematis pengembangan yang meliputi tahap analisis, pengembangan, uji coba, dan diseminasi. 2) pengolahan data diperoleh dari validasi dua ahli yaitu ahli media dan materi. Validasi dari kedua ahli dalam bentuk kualitatif dengan saran materi yang terdapat di dalam modul sebaiknya tidak terlalu banyak hitungan dan menambahkan video untuk lebih mempermudah pemahaman materi. Hasil respon mahasiswa pada uji coba skala besar agar tata bahasa diperbaiki agar mempermudah pemahaman mahasiswa. 3) berdasarkan uji coba modul digital pada mahasiswa semester tiga unit 3b didapatkan hasil belajar mahasiswa di atas 75, sesuai dengan target yang ditentukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk modul digital kosmografi layak diguunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.  

 

Kata kunci: Modul Digital, Kosmografi, Multimedia Interaktif.

References

Aisyah. 2011. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Diam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Peusangan Bireun. Tesis Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana UM.

Baisa, I.D. 2010. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis WEB Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognisi Siswa Kelas V SD Islam Sabilillah Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program pascasarjana UM.

Borg W.R dan Gall, M.D (1989) Educational Research An Introduction. New York: Longman

Dikmenjur. 2003. Pedoman Penulisan Modul. Jakarta; Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta; PT. Bumi Aksara.

Mayer, R.E. 2003. The promise of Multimedia Learning. Using the Same Instructional Design method Across Different Media. Learning & Instructional Journal. 13 (2003); 125-139.

Morrison GR, Ross. SM, Kemp JE. 2001. Designing Effective Instruction (3rd Edition). New York; John & Son Inc.

Sutadji, Eddy. 2000. Pengembangan Modul Pembelejaran Individu untuk Meningkatkan Kualitas dan Hasil Pembelajaran dalam Matakuliah Pengetahuan Bahan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Malang. UM

Susilowati & Al Muhdar. 2010. Pengembangan E-Media Pendidikan Kepada Masyarakat dalam pengelolaan sampah Rumah Tangga. Laporan penelitian Hibah Bersaing idak diterbitkan. Malang; UM

Published

2016-01-26