PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MONERA DI KELAS X MAN KRUENG GEUKUEH

Authors

  • M. Rezeki Muamar Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim
  • Rischa Surya Husuita

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar siswa MAN Krueng Geukuh pada konsep monera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh hasil belajar siswa dalam memahami konsep monera dengan model pembelajaran Word Square pada siswa kelas X MAN Krueng Geukueh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretet-postes control group design. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda (uji t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung = 5,21 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan db = 46. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi monera di kelas X MAN Krueng Geukueh.

 

Kata Kunci: hasil belajar, Pembelajaran Word Square, monera

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2011.Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Budiningsih,A. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Campbell, Neil A. 2000. Biologi Edisi kelima. JILID III. Penerbit Erlangga. PT. Remaja Rosdakrya.

Danim, S. 2010. Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dimyati. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Irianto, K. 2007. Mikrobiologi. Bandung: CV.Yrama Widya.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Sagala,Saiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakrya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, Nana, S. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakrya.

Supridjono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Media Group.

Published

2016-01-26