PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA KEANEKARAGAMAN HAYATI

Authors

  • Siti Maryam Fadhilah Palestina Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap berpikir logis siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Peusangan. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling  terdiri dari kelas kelas eksperimen (video media) dan kelas sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-tKesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media video terhadap berpikir logis siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Peusangan.

  

Kata kunci: Berpikir logis, media video, keanekaragaman hayati

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka cipta.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT RajaGravindo Persada

Campbell, dkk. 2004. Biologi Jilid 3 Edisi V. Jakarta: Erlangga

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video . Jakarta: P3AI UPI.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung : Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Dahar, W, R. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta:Erlangga.

Djamarah, B, S dan Zain A. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka cipta.

Hamalik, O.2006. Media Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia.

Jati W. 2007. Aktif Biologi. Jakarta: Ganec Exact.

Khaerunisa F, dkk. 2012. Penerapan Better Teaching Andleaening Berbasis Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Berpikir Logis Dan Keaktifan Siswa. Unnes Physics Education Journal. ISSN NO 2252-6935.

K, Hamid, A. 2009. Teori Belajar dan Pembelajar Edisi Kedua.

Kustandi, C. dan Sutjipto, B. 2011 Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kristanto andi. 2011. Pengembangan Model Media Video Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Media Video/TV Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol.11 No.1, April 2011 (12-22).

Malik, A 2011. “Meningkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Sikap Positif Siswa Terhadap Matematika Melalui Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Aritmatika Social Siswa Kelas VII MTs Surya Buana Malang. Vol 1 No 1, Maret 2011

Putri roza gusta, R sahrul dan Gani erizal. 2012. Hubungan Kemampuan Kemampuan Berpikir Logis Dengan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1 No. 1 September 2012; Seri A 1-86.

Putri, N. 2012. Efektifitas Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran Ips Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan khusus. Volume 1 No 2 Mei 2012.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sadiman, S, A, dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja gravindo persada.

Sudjana, N. dan Rivai, A. 2005. Media Pengajaran. Bandung:Remaja Rosdakarya

Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung:Tarsido Bandung

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta.

Tri Andarini. Dkk. 2012. Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Melalui Media Flipchart Dan Video Titinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar. Jurnal Inkuiri. Vol 1, No 2, 2012. ISSN: 2252-7893 (hal 93-104).

Wahyudi. 2011. Penerapan Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Sikap Positif Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan. VOL. 27 No. 1 Juni 2011. ISSN 0855-5995

Wantara, W. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA.Volume 4 Tahun 2014.

Published

2016-01-26