PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI ALJABAR BENTUK AKAR DI KELAS X SMA NEGERI 2 BIREUEN

Authors

  • Novianti Novianti

Abstract

Proses pembelajaran saat ini perlu dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru. Guru sangat berperan penting dalam menerapkan model pembelajaran yang digunakan, karena akan berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa sehingga hasil belajar yang diinginkan pun dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Quick on The Draw pada materi operasi aljabar bentuk akar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA3 SMA Negeri 2 Bireuen yang berjumlah 39 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pada pemberian tes hasil belajar pada siklus I dari 39 orang siswa hanya 56,41 % yang tuntas belajar mendapat  nilai ? 65. Pada hasil observasi terhadap kegiatan peneliti dan kegiatan siswa telah diperoleh yaitu 78,89 % dan 77,78 % pada siklus I. Pada siklus II berdasarkan hasil tes telah mencapai 89,74 %. Hasil observasi pada kegiatan peneliti meningkat menjadi 91,15 % dan observasi aktivitas siswa menjadi 88,89 %, sehingga telah mencapai kriteria yang ditetapkan. Dari hasil wawancara terhadap siswa, dengan menggunakan metode Quick on The Draw sangat bagus untuk diterapkan. Dengan demikian model pembelajaran Quick on The Draw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi matriks di kelas X  SMA N 2 Bireuen.

 

Kata kunci : Quick On The Draw, hasil belajar, aktivitas siswa

References

Daradjat, Zakiah dkk. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Taktik Mengajar. Jakarta : PT Macanan Jaya Cemerlang.

Ibrahim,dkk.(2000).Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa University Press

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan. Cipayung – Ciputat : Gaung Persada (GP) Press

Jhon M. Echols dan Hasan Shadly. 2002. Kamus Inggris- Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Indonesia

Lie,Anita. (2004). Cooperatif Learning. Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia

Maidah, Erni. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh. FKIP. Universitas Syiah Kuala

Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kulitatif.Bandung : PT.Remaja Rosda karya

Syahrir, Anshar. Pembelajaran Quick On The Draw. (Online) http://ansharsyahrir.blogspot.com/2012/12/model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html). diakses 19 februari 2013

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.

Published

2018-12-18