UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA PADA MATERIGEOMETRI DI SMA NEGERI 1 MAKMUR

Penulis

  • Siti Khaulah Prodi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim

Abstrak

 

Kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa menjadi faktor penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi geometri khususnya dalam menghitung jarak titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga, disamping itu guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan masih minimnya penggunaan alat peraga pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran. Maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui model explicit instruction berbantuan media geogebra pada materi geometri untuk siswa kelas XSMA Negeri 1 Makmur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA1 SMA Negeri 1 Makmur yaitu 21 orang semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes awal, tes akhir, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Subjek wawancara adalah 5 orang siswa dengan kriteria 1 orang siswa berkemampuan tinggi, 2 orang siswa berkemampuan sedang, dan 2 orang siswa berkemampuan rendah berdasarkan tes awal dan data tersebut dianalisis dengan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model explicit instruction pada materi geometri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Ini berdasarkan nilai tes akhir tindakan siklus II diperoleh data bahwa siswa yang mendapat skor ≥ 65 sebanyak 19 orang siswa dan yang mendapat skor < 65 sebanyak 2 orang siswa. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir tindakan siklus II adalah 90,47 %. Sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pada tindakan, jika ≥ 85 % siswa mendapat skor ≥ 65 maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi geometri yang diajarkan melalui model explicit instructionberbantuan media geogebra pada materi geometri siswa lebih baik dari pada yang diajarkan melalui model pembelajaran konvensional. Hasil observasi dari dua orang pengamat terhadap kegiatan peneliti disimpulkan termasuk kedalam kategori sangat baik sedangkan terhadap kegiatan siswa dapat disimpulkan kedalam kategori baik.

Referensi

Abuddin, 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Surabaya: PT Raja Grafindo Persada.

Basrowi, Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Balai Pustaka, 2003

http://asagenerasiku.blogspot.co.id / 2012 / 04 / Unsur - Unsur Bangun Ruang Balok Kubus.html [Online 12 Maret 2016]

http://ediconnect.blogspot.co.id/2012/03/Teori Belajar Berpikir Kritis. Html [Online diakses 18 Febuari 2016]

http://emodjeh.blogspot.co.id/2013/10/Berpikir Kritis dan Kreatif dalam. Html [Online diakses 26 Maret 2016]

http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU. KU/ Edukasi. net/SMP/Matematika/ Bangun %20 Ruang % 20 Datar % 20% 28 Prisma % 29/materi2. html [Online 28 Maret 2016]

http://mtkleolita.blogspot.co.id/2012/06/ Unsur-Unsur dan Sifat-Sifat Prisma. html[Online diakses 26 Maret 2016]

http://muchlassamani.blogspot.co.id/2013/11/Mari Belajar Berpikir Kritis. Html [Online 28 Maret 2016]

Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Karwono, (2008). Paradigm Baru Tentang Pembalajaran dan Aplikasinya. [Online]. Tersedia: http://karwono.wordropress.com/2008/09/02/ ParadigmaBaru Tentang Pembelajaran dan Aplikasinya/ [19 Febuari 2016].

Kemmis S dan Mc Taggart R, 1998, The Action Reseatch Planner,(Victoria Dearcin) University Press

Kesuma, Dharma, dan Moch Salimi. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Kesuma, W. dan Ditagama, D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisi Kedua. PT Indeks. Jakarta, Hal: 17.

Lestari, Sri. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menerapkan Model CPS dengan Software Autograh. Tesis Pascasarjana Unimed. Medan: (tidak dipublikasikan).

Lisa, 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Negeri 2 Lhokseumawe Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Tesis Pascasarjana Unimed. Medan: (tidak dipublikasikan).

Marzuki, 2012. Jurnal Peningkatan Prestasi Belajar Volume Tabung dengan Menggunakan Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Kota Juang Bireuen. [Online diakses 12 Maret 2016]

Moleong, Lexy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Refisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-05-01

Terbitan

Bagian

Artikel