PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 NISAM PADA KONSEP FLUIDA STATIS
Abstrak
Â
Dalam penelitian ini, telah dilakukan pengembangan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Nisam pada konsep fluida statis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI, sedangkan sampelnya diambil 1 kelas secara acak yaitu kelas XI/1. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda yang diberikan melalui pre-test dan post-test. Setelah data hasil tes terkumpul, selanjutnya data dianalisis data dengan menggunakan uji t yaitu tehnik paired sample t test dengan kriteria pengujiannya adalah “Terima Ho jika thitung < t(1-α) dan tolak Ho jika t mempunyai harga-harga lain pada db (N-1) = 29. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 6,94 dan ttabel = 1,69 pada taraf signifikan 0,05 dengan db = 29. Dengan demikian thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini berarti penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Nisam pada konsep fluida statis. Selain itu, dari perhitungan gain didapatkan rata-rata indeks gain sebesar 0,23. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Nisam pada konsep fluida statis melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching.Referensi
Ahmad, Sopandi. 2010. Indeks Gain. http://www.matematika.us/: diakses tanggal 29 Januari 2011
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Darsono, Max. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang
De Porter, Bobbi dkk. 2010. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Ki Haryadi. 2005. Metode Quantum Teaching. http://kihariyadi.jogja.bloghi.com/: diakses tanggal 11 Februari 2010.
Momon, Erik Frianto. 2009. Bagaimana Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Dan Quantum Learning Dapat Dilaksanakan. http://blog.unila.ac.id/momon/: diakses tanggal 22 Februari 2010.
Nisfiannoor, M. 2009. Pendekatan Statistika Modern Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Yamin, Martinis & Bansu I. Ansari. 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.