PELATIHAN PENGGUNAAN KIT IPA BAGI GURU SAINS DI SD NEGERI 28 PEUSANGAN DAN MIN KRUENG PANJOE KABUPATEN BIREUEN PROPINSI ACEH

Penulis

  • Muthmainnah Muthmainnah Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim
  • Aminah Aminah
  • Nurmina Nurmina

Abstrak

Kurikulum Sains menekankan pada proses sains dan mengembangkan keterampilan kognitif tingkat tinggi dan kegiatan praktikum memiliki peran sentral dan bukan hanya sebagai tempat untuk demonstrasi dan konfirmasi tetapi merupakan inti proses belajar sains. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada beberapa Sekolah Dasar di kecamatan Kuta Blang dan Kecamatan Peusangan, masih banyak guru-guru Sains yang belum mengiringi kegiatan belajar Sains dengan kegiatan praktikum. Ironisnya lagi, sekolah-sekolah tersebut sebenarnya telah memiliki KIT IPA. Namun masih terkendala dengan kemampuan atau pemahaman guru tersebut dalam mengoperasikan atau mendemonstrasikan KIT IPA tersebut. Sehingga alat KIT IPA tersebut hanya menjadi pajangan saja. Menyikapi hal tersebut akan dilakukan pelatihan penggunaan alat KIT IPA bagi Guru Sains di SD melalui kegiatan Iptek  bagi Masyarakat yang disebut IbM. Adapun target luaran dari kegiatan ini adalah (1) Guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah mampu merancang pembelajaran Sains yang diiringi dengan kegiatan praktikum, khususnya dengan menggunakan KIT IPA. (2) Guru sekolah dasar mampu menggunakan KIT IPA yang telah tersedia di sekolah. (3) Guru sekolah dasar mampu melakukan evaluasi/penilaian dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa dari kegiatan praktikum. Untuk mencapai target luaran ini akan dilakukan berbagai cara, yaitu:  mengadakan  work shop pelatihan penggunaan alat KIT IPA, mengadakan simulasi penggunaan alat KIT IPA, melakukan pembinaan dan pendampingan di sekolah  dan  melakukan evaluasi.

 

Kata Kunci : Pelatihan, Pembelajaran Sains, KIT IPA

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Pelajaran IPA SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Rusman. (2003). Model- model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-06-08