PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DEWANTARA
Abstrak
Pembelajaran konvensional belum mampu mencapai tujuan pendidikan yang maksimal. Hal ini rendahnya hasil belajar kognitif yang dimiliki siswa. Penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar kognitif siswa dikelas V SD Negeri 1 Dewantara pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Siswa kelas V SD Negeri 1 Dewantara terdiri dari 3 kelas sebagai populasinya. Hasil pemilihan sampel dengan teknik Purposive Sampling adalah dua kelas yaitu kelas V.a sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20, dan kelas V.b sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20. Teknik pengumpulan data dengan memberikan pre-test dan post-test hasil belajar kognitif siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t, untuk mengetahui persamaan rata-rata dan peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Hasil uji persamaan rata-rata pre-test diperoleh nilai . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan rata-rata kemampuan awal siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Uji hipotesis diperoleh nilai , halnya menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran NHT lebih baik daripada diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memberikan pengaruh baik terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia di kelas V SD Negeri 1 Dewantara
Kata Kunci: Hasil belajar kognitif siswa, Model pembelajaran NHT
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Irianto, Agus. 2007. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta; Kencana
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Sagala, Saiful. 2010. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung:PT Remaja.
Slavin, Robert. 2003. Cooperatif Learning: Theory Reseaarch and Practice. Buston : Allyn and Bacon Publisiher. Diterjemah oleh Narulita Yusron (2005), Bandung: Nusa Media.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D: Bandung. Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D: Bandung. Alfabeta
Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supriatna, Nana dkk. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI PRESS.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susilaningsih, Endang & Limbong, S Linda. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 5 Untuk SD/MI Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.