PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD N 8 PEUSANGAN

Penulis

  • Yulia Santi
  • Rini Rahmawati

Abstrak

Salah satu tujuan pembelajaran IPS di Sekolah Dasar dalam kurikulum 2013 adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan sosial yang ada di lingkungannya, namun realitanya diperoleh data bahwa masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah sosial siswa. Hal ini disebabkan kurangnya pembelajaran dengan mengedepankan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran  Inkuiri Sosial terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada materi pelestarian lingkungan  di kelas V SD Negeri 8 Peusangan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design  dimana seluruh sampel yang diambil adalah seluruh anggota populasi  yaitu kelas V.Adengan jumlah  21 siswa sebagai kelas eksperimen dan V.Bdengan jumlah siswa 21 siswa sebagai kelas kontrol. Data di analisis dengan t-test. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung > ttabel (3,01>1,68). Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan strategi pembelajaran Inkuiri Sosial pada materi pelestarian lingkungan. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas V.A sebelum dan sesudah penggunaan strategi pembelajaran  Inkuiri Sosial ( = 35 dan    = 85) dan siswa kelas V.B tanpa adanya perlakuan ( = 34 dan 78).  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Inkuiri Sosial dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

 

Kata Kunci : Inkuiri Sosial, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pelestarian   Lingkungan.

Referensi

Ahmad. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Science Technology and Society (STS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah Sosial Siswa. Tesis UPI Bandung : Tidak diterbitkan

Ahmad. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Sosial Siswa Kelas IV SDN 7 Idi Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 01. Hal : 1-13.

Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers

Jesman. 2013. Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Melalui Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas V SD Inpres 12 Baiya. Universitas Tadulako Palu Sulawesi Tengah.

Ningrum, Epon. 2013. Pengembangan Strategi Pembelajaran. Bandung : CV Putra Setia.

Pamungkas, Dwi Menggita dan Masduki. 2013. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Kreativitas belajar matematika dengan pemanfaatan Software Core Math Tools (CMT) dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Surakarta.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Prose Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Supriatna, Nana. dkk. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung : UPI PRESS

Wardani, Kristi. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Dikelas V SDN Ngangkrik Sleman . NUANSA Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol II. Hal :1-16.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-06-08