INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Penulis

  • Rahmi Wahyuni Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Abstrak

Matematika sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan masa depan seseorang. Oleh sebab itu maka pembelajaran matematika pada sekolah sebaiknya bisa membuat siswa untuk dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki, sehingga siswa tersebut mampu untuk mengerjakan dan memahami matematika dengan benar. Model pembelajaran yang dianggap dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran matematika adalah pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning). Pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siawa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran kontekstual, yakni : konstruktivisme (constructivism), bertanya (questioning), inkuiri (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), dan penilaian autentik (authentic assessment). Maka penulis ingin mengkaji tentang apa dan bagaimana pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning).

Referensi

Bisri, A.M. 2008. Sekitar Pembelajaran Efektif. [Online]. Tersedia: http://pendis.depag.go.id/madrasah/Insidex.php?i_367=at02100015. Diakses 25 Februari 2015

Hamid, Abdul. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan : Universitas Negeri Medan

Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching & Learning. Bandung. MLC

Kansai, Michel. 2009. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Aplikasi Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tesis pada SPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc

Padmo, D. 1999. Interaksi dalam Proses Belajar Mengajar pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh Melalui Media. Cakrawala Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka

Sudrajat, Akhmad. Pembelajaran Kontekstual (CTL). [Online]. Tersedia: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/29/pembelajaran-kontekstual/. Diakses 5 Desember 2016

Tanpa nama. 2004. Keunggulan dan Kelemahan Pembelajaran Konstektual (CTL). [Online]. Tersedia http://www.m-edukasi.web.id/2014/08/keunggulan-dan-kelemahan-pembelajaran.html. Diakses 5 Desember 2016

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-07-21