PENDEKATAN MATEMETIKA MENTAL MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGURANGAN KELAS IV SD NEGERI 10 JANGKA KABUPATEN BIREUEN

Penulis

  • Marzuki

Abstrak

Untuk ketercapaian kompetensi belajar siswa pada materi pengurangan dua bilangan, dilaksanakan pembelajaran maksimal dengan harapan prestasi siswa juga maksimal, kenyataan berdasarkan hasil tes pada siswa terhadap penguasaan pengetahuan pengurangan masih terdapat 66,66 % siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Penggunaan pendekatan matematika mental sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengurangan dua bilangan pada siswa kelas IV SD Negeri 10 Jangaka. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pre test, post test, observsi langsung oleh pengamat ketika proses pembelajaran berlangsung, wawancra dan catatan lapangan. Triangulasi dilakukan untuk mengecek keabsahan.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengolahan data juga dilakukan berdasarkan metode kualitatif. Berdasarkan hasil Tindakan setelah dilakukan pembelajaran pengurangan dua bilangan dengan pendekatan matematika mental bahwa hasil observasi pada kegiatan guru maupun kegiatan siswa kategori baik. Hasil tes setelah tindakan  pada 21 siswa terjadi peningkatan prestasi.

 

Kata kunci: matematika mental, operasi pengurangan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-11