Hambatan Penerapan Kurikulum Merdeka Di Kelas IV SD

Penulis

  • Kiki Fajariani Universitas Almuslim
  • Khairunnisak Khairunnisak Universitas Almuslim

Kata Kunci:

Barriers; Implementation; Independent Curriculum.

Abstrak

Kurikulum Merdeka merupakan inovasi dalam bidang pendidikan di Indonesia yang merupakan kurikulum terbaru yang diperkenalkan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2021. Sesuai dengan namanya, Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi sekolah untuk dapat menentukan materi pembelajaran apa yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa serta kondisi lingkungan yang ada. Selama adaptasi guru dengan kurikulum baru, proses pelaksanaan Kurikulum Merdeka ditemukan hambatan yang menyebabkan efektivitas implementasi menjadi sedikit terganggu. Adapun tantangan dan kendala yang dihadapi yaitu mulai dari tahapan perencanaan, penerapan didalam kelas, serta evaluasi dari proses pembelajaran yang telah di laksanakan. Maka dari itu, adapun upaya-upaya untuk dapat menghadapi kendala-kendala tersebut yaitu dengan cara mengikuti pelatihan dan pengembangan kompetensi guru dan staf pendidikan, meningkatkan dukungan dari orang tua siswa dan juga masyarakat, meningkatkan fasilitas dan sarana prasarana dalam proses belajar mengajar, meningkatkan pengawasan dan monitoring, serta mengembangkan kerjasama dalam bidang pendidikan.

Referensi

Aprima, Desy, and Sasmita Sari. 2022. "Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD." Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 95-101.

Afida, I., Diana, E., & Agus Puspita, D. M. (2021). Merdeka Belajar dan Pendidikan Kritis Paulo Friere dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman,12 (02), 45–61. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.553

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja RosdaKarya.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. (2008). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Irons, A. 2008. Enhancing Learning Through Formative Assessment and Feedback. Oxon: Routledge.

Miladiah, Sofa Sari, Nendi Sugandi, and Rita Sulastini. 2023. "Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung." Jurnal Ilmiah MandalaEducation (JIME)9: 312-318.

Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GPPressGroup)

Nasution, S. W. (2022). Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1 (1), 135-142.

Putra, M. I., Neliwati, N., Azmar, A., & Azhar, A. (2022). An Analysis of Madrasah Curriculum and Its Implementation in Basic Education Institutions. Jurnal Basicedu, 6 (6). https://jbasic.phporg/index./basicedu/article/view/4102.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6 (4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.

Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebing tinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. JURNAL Ansiru PAI, 6 (1), 92–106. https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i1.12537.

Sadler, R., D. 1989. Formative Assessment and The Design of Instructional Systems. Instructional Science. 18, 119-144.

Saylor, G. J. (1956). Curriculum Planning for Better Teachingand Learning. New York: Holt, Rinchart dan Winston.

Sunarni, and Hari Karyono. 2023. "Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar." Journal on Education 1613-1620

Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek. Ed. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung: N.p., 2006. Print.

Sunarni, and Hari Karyono. 2023. "Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar."Journal on Education 1613-1620.

Syabrus, Hardisem. 2015. “Kesiapan dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Kejuruan Kota Pekanbaru.” Pekbis Jurnal 7(1): 2085-5214.

Tavibnapis, Farida Yusuf. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi: untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Thoha, Chabib. (2003). Teknik Evaluasi Pendidikan. Cetakan kelima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-31