PENGARUH REGULASI DIRI DAN SIKAP PADA MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA (Survai di Kelas III SDN Kecamatan Kota Juang-Bireuen, 2015)
Abstract
Pengetahuan tentang matematika merupakan salah satu bagian dari aspek kognitif yang sangat penting untuk dioptimalkan dalam perkembangan anak usia dini. Matematika dapat melatih anak berpikir logis, sistematis, serta sebagai sarana dalam mengasah kemampuan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataan yang terjadi di beberapa SD Negeri di kecamatan Kota Juang-Bireuen ditemukan bahwa kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas III masih rendah. Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dan sikap siswa pada matematika terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika. Selanjutnya, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis asosiatif melalu metode survai teknik analisis jalur. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik multistage random sampling dengan total sampel yang terpilih berjumlah 95 siswa dari empat sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung positif regulasi diri terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,321, (2) terdapat pengaruh langsung positif sikap pada matematika terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,384, dan (3) terdapat pengaruh langsung positif regulasi diri terhadap sikap pada matematika dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,324. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) regulasi diri berpengaruh langsung positif terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika, (2) sikap pada matematika berpengaruh langsung positif terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika, dan (3) regulasi diri berpengaruh langsung positif terhadap sikap pada matematika.
References
Aiken, Ewis R. 1994. Psychological Testing and Assessment. Library of Congres, USA.
Ajzen, Icek. 2005. Attitude, Personality And Behavior. University Press, New York.
Baumiester, dkk. 2013. Hand Book of Self Regulation: Reseach, Theory and Aplication. The Guilford Press, New York.
Buekaerts, Manique at all. 2005. Handbook of Self Regulation. Elsevier Academic Press, USA.
Carlson. 2000. Psychology Third Edition. Allyn and Bacon, New York.
Feldman, Papalia Olds. 2009. Human Development. Salemba Humanika, Jakarta.
Groves, Linda at all. 2006. Self-Regulation A Cornerstone of Early Childhood Development. Beyond the Journal: Young Children on the Web July
Juter, Kristina. Students’ Attitudes to Mathematics and Performance in Limits of Functions. Mathematics Education Research Journal. Vol. 17 No. 2, 91-110.
Kaazantzis, Nikolaos at all. 2010. Cognitif and Behavior Theories in Clinical Practies. The Guilford Press, New York.
Kadir. 2010. Statiska: Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Rosemata Sampurna, Jakarta.
Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication.: Wadsworth, New York.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 2. Erlangga, Jakarta.
Sandra M. Linder dkk, 2011. Stegelin Mathematics in Early Childhood: Research-Based Rationale and Practical Strategies, Early Childhood Educ Journal, DOI 10.1007-6.
Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Kencana, Jakarta.
Santrock, John W. 2006. Educational Psychology second edition. Mc Graw Hill, New York.
Winne, Philip H. 1997. Experimenting to Bootstrap Self-Regulated Learning: Journal of Educational Psychology.the American Psychological Association.
Woolfolk. Anita. 2009. Educational Psychology: Active Learning Edition. Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Zimmerman,et al. 2011. Meaningful and Maladaptive Homework Practices: The Role of Self-Efficacy and Self-Regulation, Journal of Advanced Academics, Vol. 22 (3).
http://edisicetak.joglosemar.co/berita/nilai-matematika-indonesia-terendah-di-dunia-112638.html(diakses 1 November 2014)
http://news.okezone.com/read/2013/01/08/373/743021/large (diakses 1 November 2014)