UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 17 BANDA SAKTI PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK
Abstract
Bangun datar adalah salah satu materi matematika yang harus dikuasai siswa kelas IV SD. Namun kenyataannya kemampuan siswa pada materi tersebut masih rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa kelas IV SD Negeri 17 Banda Sakti pada materi keliling dan luas bangun datar menggunakan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang dipilih peneliti adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV SD Negeri 17 Banda Sakti semester genap tahun ajaran 2019/2020. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui tes awal, tes akhir, observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul maka selanjutnya data ini diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 17 Banda Sakti pada materi keliling dan luas bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus I yaitu 71,42% meningkat pada siklus II menjadi 89%. Pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 79% dan meningkat pada siklus II menjadi 87%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 80% meningkat pada siklus II menjadi 89%. Berdasarkan hasil wawancara dengan subjek wawancara diperoleh data bahwa siswa senang belajar dengan menggunakan pendekatan matematika realistik, siswa juga lebih mudah memahami materi keliling dan luas bangun datar bila di ajar dengan pendekatan realistik.
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi
Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda karya
Badruddin, E. 2013. Implementasi Pendekatan Realistik pada Pembelajaran Operasi Bilangan Real Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri5 TELKOM Banda aceh. 2(1). (online). (www.jurnal.unsyiah.ac.id). Diakses 2 Maret 2019
Eveline & Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Erni & Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam
Gunanto. 2016. Matematika kelas IV. Jakarta : PT Gelora Aksara pratama
Heruman.2008. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Istarani & Ridwan. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV Media Persada
Moleong.J.Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Maryam.2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Simetri Putar dan Lipat Bangun Datar Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di kelas V SD Negeri Parepare.2(3).(Online). (www.unm.ac.id). Diakses 3 Maret 2019
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Aswaja Pressindo
Sudjana,N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda karya
Sudjana. 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sanjaya W. 2009. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjiono, A. 2009. Pengantar Statistic Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers
Tarigan, D. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu