Pembelajaran Multiliterasi sebagai Wahana Peningkatan Keterampilan Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid 19

  • Nia Astuti Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh
  • Priska Filomena Iku Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra dan Budaya. Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Flores

Abstract

Kecanggihan teknologi saat ini, memberikan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan, salah satunya dengan menggunakan pembelajaran multiliterasi. Di tengah wabah Covid 19 yang melanda dunia. Pembelajaran multiliterasi yang dibarengi dengan penggunaan multimedia sanggat cocok untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan memperkenalkan media atau metode pembelajaran berbasis multiliterasi sebagai wahana peningkatan keterampilan belajar siswa di masa pandemi Covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan rancangan kajian pustaka. Data dan sumberdata dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa sumber, seperti buku, artikel ilmiah, bahan bacaan literasi, dan bahan bacaan lainnya yang akurat dan terinci. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan pembelajaran multiliterasip menjadi pembe;ajaran yang efektif diterapkan upaya meningkatkan kreatifitas belajar siswa pada masa pandemi Covid 19. Penggabungan model dan beragam strategi belajar yang menyenangkan dalam pembelajaran multiliterasi ini menjadikan siswa kreatif dan inovatif serta aktif Kata kunci: multiliterasi, peningkatan, keterampilan belajar.

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Peembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama

Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama

Akbar, S., & Winarni, R. (2013). Kajian sosiologi sastra dan nilai pendidikan dalam novel “Tuan Guru” karya Salman Faris [The study of literary sociology and the value of
education in the novel “Tuan Guru” by Salman Faris]. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 54-68.

Munzaini. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Multiliterasi dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidayah Imami Mata Pelajaran Fiqih Kepanjen Kabupaten Malang. Tesis. Program studi Agama Islam, pascasarjana Universitas negeri Maulana Malik Ibrahim.

Nia Astuti, dkk.. 2019. Digital-Based Literature Learning as an Optimization Effort to Increase Educational Values of Millennial Children. Proceedings of the 28th International Conference on Literature: “Literature as a Source of Wisdom”, 11(13), 65-74 .

Nopilda, lisa dan Muhammad Kritiawan. 2018. Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke- 21. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 3(2). http://jurnal.univpgri-palembang.ac.id.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D [Qualitative quantitative research methods and R & D]. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-09-29