Analisis Nilai Pendidikan dan Nilai Budaya dalam Film “Kartini” Sutradara Hanung Bramantyo

  • Yuhafliza Yuhafliza Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh
  • Ade Novida Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Nilai Pendidikan dan Nilai Budaya dalam Film “Kartini†Sutradara Hanung Bramantyoâ€. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan data tentang analisis nilai pendidikan dan nilai budaya dalam film “Kartini†sutradara Hanung Bramantyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dialog dan adegan-adegan yang menggandung nilai pendidikan dan nilai budaya yang terdapat dalam film “Kartiniâ€. Sumber data dalam penelitian ini adalah film “Kartini†sutradara Hanung Bramantyo durasi tayang 1:58:23. Hal ini dilakukan dengan menggumpulkan data nilai pendidikan dan nilai budaya dalam film. Data yang dikumpulkan melalui reduksi data, penyaian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam film “Kartini†terdapat nilai pendidikan dan nilai budaya. Dari hasil penelitian ini peneliti berhasil menggumpulkan data keseluruhan dalam film “Kartini†sutradara Hanung Bramantyo berjumlah 36 data, nilai pendidikan terdapat 17 data sedangkan nilai budaya terdapat 19 data. Kata kunci: : nilai pendidikan, nilai budaya, film “Kartiniâ€.

References

Ahmadi dan Salimi. 2008. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdikbud. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Elly dan Usman. 2011. Pengantar Sosiologi Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya, Jakarta: Kencana.

Endraswara, Suwardi. 2011. Medotelogi Penelitian Sastra. PT. Buku Seru.

Ishomudin. 2002. Pengantar Sosiologi Agama. Jakarta: PT Ghhalia Indonesia dan UMM Press.

Kleden, Ignas. 2004. Sastra Indonesia dalam Enam Pertanyaan. Jakarta: Pustaka Utama.

Kosasih, Endang. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.

Moleong. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudjiono, Yoyon. 2011. Kajian Semiotika dalam Film. Ilmu Komunikasi. 1:133-137.

Muhajir. 2016. Analisis Nilai Sosial Budaya dalam Sinetron “7 Manusia Harimau” Tayang RCTI. Skripsi Universitas Almuslim (tidak dipublikasi).

Musyafir. 2017. Ekranisasi Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ke dalam Film (Pendekatan Struktural). Tesis Universitas Tadulako (tidak dipublikasi).

Ruswadi, Uus & Badrudin. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Insan Mandiri

Setiadi, dkk. 2009. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugono, Dendy. 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka Bahasa.

Suhaedah. 2018. Analisis Struktural dan Nilai Pendidikan dalam Trilogi
Novel Sepatu Dahlan, Surat Dahlan, dan Senyum Dahlan Karya Kharisnna Pabichara. Tesis Universitas Negri Semarang (tidak dipublikasikan).

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tumanggor, dkk. 2012. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Yusanfri, Yosefinus. 2013. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Skripsi Universitas Wijaya Putra (tidak dipublikasi).
Published
2020-09-30