DAMPAK PANDEMI CORONA TERHADAP KUALITAS BELAJAR SISWA SMP DI DESA KUBURAYA KECAMATAN PEUSANGAN SIBLAH KRUENG

  • Safrina Safrina Universitas Almuslim
  • Marnita Marnita Universitas Almuslim
  • Fatimah Fatimah Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi corona terhadap kualitas belajar siswa SMP di Desa Kuburaya Kecamatan Peusangan Siblah Krueng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari suatu objek yang diamati. Dalam penelitian ini responden sebanyak 20 orang siswa SMP di Desa Kuburaya Kecamatan Peusangan Siblah Krueng yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa tidak ada dampak pandemi corona terhadap kualitas belajar siswa di Desa Kuburaya Kecamatan Peusangan Siblah Krueng. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengisian angket tentang kualitas belajar siswa selama dampak pandemi corona dengan kategori skala penilaian Sangat Setuju (SS) sebanyak (50,5%), Setuju (S) sebanyak (32,75%), Tidak Setuju (TS) sebanyak (12%),dan Sangat Tidak Setuju (STS) sebanyak (4,75%). Kata Kunci: Pandemi Corona, Kualitas Belajar

References

[1] A. dkk Purwanto, “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” EduPsyCouns J., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020.
[2] KBBI, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring,” Kemendikbud, 2020. .
[3] M. Dalyono, Psykologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
[4] Haryati; Rochman, “Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen),” J. Ilm. Civ., vol. II, no. 2, pp. 1–11, 2012.
[5] Sadirman 2009 : 326, “Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan,” Pros. Semin. Nas., 2015.
[6] J. Creswell, Qualiitative Inquiry and Research Design. London: Sage, 2007.
[7] j L. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdukarya, 2006.
Published
2020-09-15
Section
Artikel