PENERAPAN PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GAYA

  • Fatma Zuhra Universitas Almuslim
  • Sharfina Sharfina Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan teknik Mind Mapping pada konsep gaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel penelitian 24 orang siswa yang pilih secara random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah RPP, LKS dan tes. Statistik yang digunakan dalam pengolahan data adalah dengan menggunakan statistic uji-t. Dari hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan menggunkan uji-t diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Learning dengan teknik Mind Mapping mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep gaya. Kata Kunci : quantum learning, mind mapping, hasil belajar

References

1] W. Astutik, “Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan,” RILIANT J. Ris. dan Konseptual, vol. 2, pp. 124–129, 2017.
[2] R. Zuhra, F., Hasan, .M., Safitri, “Model pembelajaran learning cycle 7e berbantuan buku saku terhadap hasil belajar siswa SMA,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 5, pp. 134–139, 2017.
[3] S. Ermawati, I. R., Burhendi, F. C. A., Harahap, N., “Efektifitas model pembelajaran quantum learning di tinjau dari metakognitif fisika siswa di SMAN 48 Jakarta,” J. Pendidik. Fis. Univ. Muhammadiyah Metro, vol. 8, pp. 24–32, 2020.
[4] I. M. Swandewi, N. L. P., Gita, I. N., dan Suarsana, “Pengaruh Model Quantum Learning Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA,” J. Elem., vol. 5, pp. 31–42, 2016.
[5] A. Darkasyi, M., Johar, R., dan Ahmad, “Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa dengan pembelajaran pendekatan quantum learning pada siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe,” J. Didakt. Mat., vol. 1, pp. 21–34, 2014.
[6] M. DePorter, B.& Hernacki, Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Mizan Pustaka, 2011.
[7] N. De Porter, B, Mark R; Sarah S, Ed. 1, cet. Ke-21. Quantum Teaching Learning di RuangRuang Kelas. Terj. Ary Nilandari. Bandung: Kaifa, 2007.
[8] Buzan, Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Prima, 2011.
[9] A. Fahrudin, “Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan quantum learning teknik mind mapping dengan cooperative learning teknik jigsaw di SMP Negeri 18 Tangerang,” J. Manaj. Dan J. Akutansi, vol. 1, pp. 51–68, 2016.
[10] S. Rahayu, T; Joyoatmojo, S; Wahyuni, “Penerapan model pembelajaran quantum learning dengan metode peta pikiran (mind mapping) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari ekonomi kelas X MIA 1 SMA N 5 surakarta tahun pelajaran 2015/2016,” J. Pendidik. Bisnis dan Ekon., vol. 2, pp. 1–21, 2016.
[11] E. Yosefa, B; Nurjanah, “Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Menggunakan mind Mapping Terhadap Kemampuan Matematis Pada Siswa SMP Kelas VIII,” J. Pengajaran MIPA, vol. 18, pp. 146–151.
[12] A. Zahro, F; Degeng, I. N. S; Mudiono, “Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” Prem. Educ. J. Pendidik. Dasar dan Pembelajaran, vol. 8, pp. 196–205, 2018.
[13] F. Fauziah, R; Alatas, “Pengaruh lembar kerja siswa berbasis mind map terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep fluida statis,” EDUSAINS, vol. 8, pp. 1–8, 2016.
[14] A. Yanuarti, A; Sobandi, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 1, pp. 11–18, 2016.
[15] I. Bambang S, A; Handoko, A; Andriyani, “Pengaruh Metode Quantum Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Dan Penguasaan Konsep Biologi Kelas VIII SMP Negeri 11 Bandar Lampung,” Biosf. (Jurnal Tadris Pendidik. Biol., vol. 8, pp. 1–14, 2017.
Published
2020-09-15
Section
Artikel