MORTALITAS KEONG SAWAH (Pomacea canaliculata) AKIBAT APLIKASI EKSTRAK BAWANG PUTIH ( Allium sativum) DAN DAUN MIMBA (Azadirachta indica )

  • Khairunnisak Khairunnisak Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bumi Persada Lhokseumawe
  • Dewi Erianti
  • Nurlaila Nurlaila

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari efektivitas ekstrak bawang putih (Allium sativum) pada berbagai konsentrasi untuk mengendalikan keong emas (Pomacea Canaliculata). Percobaan menerapkan desain acak lengkap (CRD) dengan 5 ulangan. Faktor yang dievaluasi adalah berbagai konsentrasi ekstrak bawang putih, terdiri dari 4 level, yaitu 5 persen, 10 persen, 15 persen, dan 20 persen air. Variabel yang diamati adalah aktivitas makan, mortalitas, dan tingkat kematian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas makan, mortalitas, dan laju kematian sangat dipengaruhi oleh konsentrasi ekstrak bawang putih.

 

Kata Kunci: Keong emas,Daun mimba, Ekstrak bawang putih

References

Ali, M., V. Yunel, dan R. Benny. 2009. Uji beberapa konsentrasi ekstrak daun mimba (Azadirachta indica A. Juss.) untuk pengendalian penyakit antraknosa yang disebabkan jamur Colletotrichum capsisi pada buah cabai merah pasca-panen. Jurnal Pertanian Jurusan Agroteknologi Departemen Pertanian Universitas Riau.11(1): 1-14.

Anggreini, S. 2015. Pengaruh Tingkat Konsentrasi Fraksi Ekstrak Daun Mengkudu (Morinda citrifolia L.) dan Daun Mimba (Azadirachta indica A. Juss.) terhadap Pertumbuhan dan Sporulasi Jamur Colletotrichum capsici secara in vitro.(Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung. 38 pp.

Natawigena. 1993. Dasar-Dasar Perlindungan Tanaman. Trigenda Karya. Bandung. 202 hlm.

Sutariati, G.A.K. 2008.Uji in vitro efektivitas penghambatan tepung daun dan ekstrak daun mimba terhadap pertumbuhan koloni Colletotrichum capsici penyebab penyakit antraknosa pada cabai. WARTA – WIPTEK. 16(2): 62- 66. Suriana, N. 2012.Cabai Sehat dan Berkhasiat. CV.Andi Offset. Yogyakarta.138 hlm.

Nurjanah, Fitrial Y, Suwandi R, Daritri ES. 1996. Pembuatan kerupuk keong mas (Pomacea sp.) dengan penambahan tepung beras ketan dan

flavor udang. Buletin Teknologi Hasil Perikanan 2(2):43-51.

Prabowo TT. 2009. Uji aktivitas antioksidan dari keong matah merah (Cerithidea obtusa) [skripsi]. Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Amiranti, P 2005. Studi Pengaruh Ekstrak Bawang Putih ( Alium sativum) terhadap Perkembangan Pra Dewasa Nyamuk Culex pipiens Skripsi Fakultas Kedok-teran Hewan Institut Pertanian Bogor.

Andriana, R. 1999. Kajian Daya Insektisida Ekstrak Umbi Bawang Putih ( [8] Alium sativum) dan Ekstrak Daun Nona Terhadap Serangga S. zeamays Skripsi Jurusan Teknologi
Published
2019-11-01