IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN FISIOLOGI HEWAN

  • Suriani Siregar Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Gunung Leuser
  • Nursafiah Nursafiah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Gunung Leuser

Abstract

Pembelajaran saintifik yang akan dilakukan oleh mahasiswa diharapkan kedepan mampu mengoptimalkan kreativitas berpikir dan keterampilan proses sains sehingga meningkatkan hasil belajar yang optimal. Target dalam penelitian ini adalah  memperbaiki pengelolaan pembelajaran Biologi melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegritas dan memberi kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk berpikir secara kritis, analisis dan tepat dalam memecahkan masalah sehingga dapat melahirkan mahasiswa yang cerdas produktif  kreatif, inovatif dan mempunyai keseimbangan antara akhlak, pengetahuan dan kecakapan. Penelitian ini akan fokus  untuk mengkaji perbedaan kemampuan berpikir kreatif, keterampilan proses sains dan penguasaan konsep mahasiswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan metode diskusi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester ganjil universitas Gunung Leuser Aceh berjumlah 40 orang. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 orang dan kelas VIIB sebagai kelas control dengan jumlah 20 orang. Metode dalam penelitian ini merupakan metode eksperimen. Data hasil belajar diperoleh menggunakan tes. Data kemampuan berpikir kreatif diperoleh dengan angket (kuesioner) dan data keterampilan proses sains diperoleh dengan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistic dengan uji-t (independen t-test). Berdasarkan analisis data dan hipotesis yang diajukan dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Fisiologi hewan (thitung = 3,65 > ttabel = 2,03). (2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada pembelajaran Fisiologi hewan ((thitung = 7,82 > ttabel = 2,03). (3) Terdapat perbedaan keterampilan proses sains mahasiswa pada pembelajaran Fisiologi hewan (thitung = 4,03 > ttabel = 2,03).

 

Kata Kunci : Saintifik, Kemampuan berpikir kreatif, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan konsep

References

B, Meli Siska, dkk. “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Melalui Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri pada Materi Laju Reaksi”. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. Vol. 1, No. 1, Mei 2013. Tersedia: http: //garuda.ristekdikti.go.id

H. Hadianto. (2018). Effectiveness Of The Module With Scientific Approach To The Study Of Biology In Senior High School. International Journal of Advanced Engineering Research and Science (IJAERS) 5 (7) (2018) ISSN: 2349-6495(p)2456-1908(o). Tersedia: https://dx.doi.org/10.22161/ijaers.5.7.18

Hernawati., et. al. (2018). The Effectiviness Of Scientific Approach Using Encyclopedia As Learning Materials In Improving Student Science Process Skill In Science. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPII7(3) (2018)266-272. Tersedia: http: //journa.unnes.ac.id/index.php/jpii

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Galia Indonesia

Indriyanti., (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Ketreampilan Bertanya. Jurnal Pendidikan Guru SD. vol.2.no.2.juni2017.hlm.13-25. Tersedia: http:
//ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd.

Kemendikbud., 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. Jakarta

Mustikawati. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Fotosintesis di SMA kelas XII. Skripsi. [online] Tersedia Pada: http: //respository.upi.edu. Diakses tanggal 07 September 2018 Universitas Negeri Malang.

Siti Inganah., dkk. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran (JINOP). vol.2.no.2.november 2016 ISSN: 2443-1591(P) 2460-0873(E). Tersedia: http://ejuornal.umm.ac.idindex.php/jinop

Supriadi, 2017. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Etnomatematika Sunda. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol.22, No.1, e-ISSN: 2443-3616 [online] Tersedia pada http: // dx.doi.org/10.18269/JPmipa.v22i. Diakses Tanggal 29 Agustus 2018
Published
2019-11-01