PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIAH NEGERI (MAN) KREUENG GEUKUEH KABUPATEN ACEH UTARA

  • Nurmalia Nurmalia Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Sabri Yusuf Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebiasaan belajar siswa yang mengakibatkan hasilbelajar siswa rendah. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Aliah Negeri (MAN) Kreueng Geukueh Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MAN Krueng Geukuh Kabupaten Bireuen yang berjumlah 3 kelas sebanyak 75 siswa.Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas siswa, kelas 1 dan 2sebanyak 50 siswa. Hasil penelitian diperoleh data bahwa kebiasaan belajar mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X MAN Kreung Geukueh Kabupaten Aceh Utara, hal ini hal ini diketahui dari uji t nilai t-hitung = dan t-tabel=1,6772, maka t-hitung > t-tabel, yang berarti memiliki pengaruh signifikan. Dari data tersebut jelas menunjukkan bahwa pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa sangat signifikan dan tergolong kuat.

 

Kata Kunci :  Kebiasaan belajar siswa, hasil belajar

 

References

Daftar Pustaka

Arikunto suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Ssuatu Pendekatan Praktik, Jakarta Renika Cipta, Jakarta.

Ahmad Usman, 2006, Metodelogi Penelitian (Aplikasi Dalam Bidang Pendidikan), Bima.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ardiansyah, M. Asrori. 2011. Prestasi Belajar Siswa. Jakarta: Majalah pendidikan.

Abu Ahmadi, 2005, Metodelogi Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta.
Depdiknas. (2005), Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke 3. Jakarta: Balai. Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Gie. The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Hamalik. 2003. Proses bela jar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kholifah. 2003. Pengaruh Cara dan Kebiasaan Belajar Terhadap prestasi Belajar Akuntansi Siswa Madrasah Aliyah Al- Azhar Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FE Universitas Negeri Malang.

Moh. Nazir. 2005, Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.
Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya

Muhyono. 2001. Hubungan Minat dan Cara Belajar Fisika dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa kelas 1 cawu 2 SMU Negeri 6 Malang Tapel 2000/2001. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Nana Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdikarya.

Sabri. 2005. Strategi Belajar Mengajar Dan Micro Teaching. Jakarta : Quantum Teaching.

Sugiyono, 2011, Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D ) Alfabeta, Bandung.

Slameto, 2003, Balajar dan Faktor-Fkator Yang, Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Setyosari. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media group
Thabrany, H. 2004. Rahasia Kunci Sukses Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Published
2017-07-31