UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BIREUEN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN KONSEP KOPERASI DAN PENGELOLAAN KOPERASI

  • Cut Jumiati Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Zahara Zahara Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bireuen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team QuizPada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Koperasi dan Pengelolaan Koperasi. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Bireuen melalui penerapan model pembelajaran Team Quizpada kompetensi dasar mendeskripsikan konsep koperasi dan pengelolaan koperasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XSMA Negeri 2 Bireuen. Teknik pengumpulan data dengan pemberian tes objektif. Teknik analisis data melalui tes, observasi dan angket. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Bireuen pada pokok bahasan koperasi. Pada siklus I 85,71% siswa tuntas dan pada siklus II 89,30% siswa telah tuntas.Penerapan model Team Quiz pada pokok bahasan koperasi di kelas X SMA Negeri 2 Bireuen dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I aktivitas guru mencapai skor rata-rata 80,00% dan pada siklus II menjadi 87,50% mengalami peningkatan sebesar 7,50%, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai skor rata-rata 77,50%, pada siklus II menjadi 82,50% mengalami peningkatan sebesar 5%. Penerapan model pembelajaran Team Quiz mendapatkan respon yang baik dari siswa. Sebagian besar siswa mengaku menyukai pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Team Quiz.

 

Kata Kunci : Model pembelajaran Team Quiz, Hasil Belajar Siswa, Konsep Koperasi dan Pengelolaan Koperasi

References

Daftar Pustaka

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Sdkk. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Program Pascasarjana.
Chandera, C. 2013. Beberapa Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli.(Online) (http://misterchand89.blogspot.com). Di akses 11 November 2014

Djamarah, SBdan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta

Hamalik, O.2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Indaryati. 2013. PeningkatanPrestasi BelajarPembelajaranIPS MateriPerusahaanDan BadanUsahaMelalui Metode TeamQuizDi Kelas. JurnalIlmiahPendidikanEkonomiIKIPVeteranSemarang. Vol.1No.2, Oktober2013

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka

Marhaen, P. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Pelajaran IPA Kelas I SD. Artikel Penelitian. Fortuna Volume 1, Nomor 1, Desember 2010.

Megawati, N. 2012. Quiz Team. (Online) (http://nunungmegawati.blogspot.com). Diakses 11 November 2014

Moleong, L J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosadakarya.

Siregar, Edan Hartini N. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jarakta: Ghalia Indonesia

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya. Puataka Pelajar.

Srijayanti dkk. 2014. Model PembelajaranTeam QuizBerbantuan MediaGambarBerpengaruhTerhadap Hasil Belajar IPSSiswaKelasV. e-JournalMIMBAR PGSD UniversitasPendidikan GaneshaJurusan PGSD(Vol. 2 No.1 Tahun2014)

Sutardi dkk. 2013. Peningkatan Minat Dan Metode Pembelajaran Quiz Team “Think Fast Do Best” Pada Materi Reaksi Oksidasi-Reduksi Di Kelas X Man Model Singkawang. Kaunia, Vol. IX, No. 2 Oktober 2013. ISSN (online): 2301-8550.

Sofyanto. 2013. Model Pembelajaran Generatif.(Online). (http://guraru.org/guru-berbagi/model-pembelajaran-generatif/). Di akses 11 Juni 2014

Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Triani, M. 2012. Metode Team Quiz Dan Talking Stick. (Online) (http://miratriani.blogspot.com/). Di akses 11 November 2014
Published
2017-07-31