PENGARUH PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN BIDANG EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X SEMESTER 1 SISWA SMA NEGERI 1 SIMPANG MAMPLAM KABUPATEN BIREUEN

  • Mutiawati Mutiawati Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Zahara Zahara

Abstract

Abtrak

 

Penelitian ini didasarkan pada kurangnya pemanfaatan buku perpustakaan dalam pelajaran ekonomi sehingga hasil belajar yang diperoleh jauh dari harapan. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Buku-Buku Perpustakaan Bidang Ekonomi terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Semester 1 Siswa SMA Negeri I Simpang Mamplam Kabupaten Bireun.             Pendekatan yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiaan yang digunakan adalah deskriptif. Populasi adalah siswa Kelas X adalah sebanyak 83 orang di SMA negeri 1 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen, untuk sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 10% dari jumlah populasi yaitu 22 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan pemberian angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengujian kriteria hipotesis/uji t. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa thitung ≥ ttable yaitu: 4,257 ≥ 2,086 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pemanfaatan buku-buku perpustakaan bidang ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi semester 1 siswa SMA negeri 1 Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen.

 

Kata Kunci: pemanfaatan buku-buku perpustakaan, hasil belajar, pelajaran ekonomi

References

Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Grasindo Rineka.

Darmono 2007. Perpustakaan Sekolah Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: PT. Grasindo Rineka.

Endang, Sri Mastuti Dkk. 2012. Pengaruh pemanfaatan perpustaaan sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa SMPN 18 Pontianak. FKIP Untan. Jurnal online (http://search.tb.ask.com/search/GGmain). Diakses pada 9 Maret 2015.

Gagne, Djamarah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Marlina. 2013. Peranan Perpustakaan dalam Menunjang Mutu Pendidikan. Jakarta: jurnal online (http://search.tb.ask.com/search/GGmain). Diakses pada 20 Maret 2015.

Morgan, Ratuman. 2004. Definisi Belajar. Lecturer.uin-Malang.ac.id/ /1590/2/083911073_Bab2.pdf

Muliadi, Harry. 2008. Pengaruh disiplin siswa dan fasilitas perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi. Semarang: UNNES. jurnal online (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/downloads/). Diakses pada 9 Maret 2015

Panitia Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi. Bireuen: FKIP Umusim.

Sagala, Henry. E. Garet. 2007. Konsep dan Mata Pelajaran. Bandung: Alfabeta

Setyosari, Punaji. 2013. Ranah Kognitif dalam Pembelajaran. Malang: Unmal.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset

Sugiyono. (2012). MetodelogiPenelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Undang-undang 2007. Republik Indonesia, nomer, 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, Yogyakarta: Pustaka Timur.

Wardani, Dimyati. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2017-08-02