MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING PADA MATERI PELAKU-PELAKU EKONOMI KELAS VIII MTSN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

  • Nurhaimi Nurhaimi Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Win Konadi

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelaku-Pelaku Ekonomi Di Kelas VIII SMP N 1 Peusangan Selatan†Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan murid Kelas VIII/1 SMP N 1 Peusangan Selatan dalam memahami pelaku-pelaku ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil tes, hasil observasi, hasil wawancara, hasil catatan lapangan, dan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah murid Kelas VIII/1 SMP N 1 Peusangan Selatan yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan murid Kelas VIII/1 SMP N 1 Peusangan Selatan dalam memahami Pelaku-Pelaku Ekonomi dapat ditingkatkan dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Hasil abahwa murid yang memperoleh nilai ≥ 65 adalah 22 murid dan yang memperoleh nilai ≤65 adalah 3, sedangkan hasil pelaksanaan tes pada siklus II terlihat bahwa murid yang memperoleh nilai ≥ 65 adalah sebanyak 23 dan murid yang memperoleh nilai ≤65 adalah 2 disamping itu berdasarkan hasil pelaksanaan observasi yang dilakukan oleh 2 orang pengamat pada pelaksanaan siklus I diperoleh persentase rata-rata adalah 82,31% dan hasil observasi pada pelaksanaan siklus II diperoleh persentase rata-rata hasil observasi adalah 87,7% dengan demikian pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pelaku-Pelaku Ekonomi Di Kelas VIII/1 SMP N 1 Peusangan Selatan dapat meningkatakan aktifitas guru dan keaktifan murid dalam melaksanakan kegiatan belajar mengaja.

 

Kata kunci : pelaku-pelaku ekonomi, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)

References

Daftar Pustaka

Ahmad Rivai. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abuddin. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fattah, 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial. 2008 : Erlangga.

Hidayat, 2008. Ilmu Pengetahuan Untuk SMP/MTs Kelas VIII, 2008 : Eureka.

Istirani. 2011. Pengajaran Langsung. Surabaya: University Press.

Kosasih. 2007. Cara Belajar Mengajar di Universitas Negara Maju. Jakarta: Bumi Aksara

Muhibbin, Syah. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Perdasa.

Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2008. Metode Penelitian : Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Sardiman. 2007. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Suryabrata. 2002. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & Dengan (3rd Ed.) Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2004. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta
Published
2017-08-14