UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) DI KELAS X SMA NEGERI 1 SAMALANGA

  • Muhammad Amin Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Ahmad Ahmad

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kuranya hasil belajar siswa pada materi permintaan dan penawaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi permintaan dan penawaran melalui metode pemberian tugas (resitasi) di kelas X SMA Negeri 1 Samalanga. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Samalanga Kabupaten Bireuen yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data adalah melalui pemberian tes soal. Teknik analisis data melalui tes hasil belajar, tes observasi dan tes angket. Hasil penelitian diperoleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Samalanga meningkat setelah pembelajaran dengan metode pemberian tugas (resitasi) pada materi permintaan dan penawaran yaitu hasil belajar pada siklus I dengan persentase ketuntasan 57,8% meningkat pada siklus II menjadi 89,4%. Aktivitas guru dan  siswa kelas X SMA Negeri 1 Samalanga juga meningkat dalam pembelajaran dengan metode pemberian tugas (resitasi) pada materi permintaan dan penawaran. Hal ini terlihat observasi terhadap kegiatan guru pada siklus I pengamat I dengan persentase83,3% dan dan pengamat II 85%. Sedangkan aktivitas siswa pengamat I yaitu81,6 dan pengamat II 83,3%.Hasil observasi kegiatan guru pada siklus II pengamat  I 93,3% dan pengamat II96,6%. Sedangkan aktivitas siswa pengamat I dengan persentase 95% dan pengamat II 93,3%. Selanjutnya, respon siswa kelas X SMA Negeri 1 Samalanga sangat baik terhadap pembelajaran ekonomi dengan metode pemberian tugas (resitasi).

 

Kata kunci: metode pemberian tugas (resitasi), hasil belajar, materi permintaan dan penawaran

References

Daftar Pustaka

Arikunto, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Nusa Media.

Moleong,Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgaya. 2011. Strategi dan Metode Pembelajaran. Bandung : Citapustaka Media.

Sagala, Saiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.Kencana Prenada: Jakarta.

Sardiman A. M. 2011. Menjadi Guru professional. Bandung : Rosdakarya

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara.

Subana. 2000. Statistika Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono. Anas. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Persada Jakarta: Grafindo Persada.

Sumantri. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.

Suryabrata, S. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo.

Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi Bireuen. FKIP UNIMUS.

Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam.
Published
2017-08-14