PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN MELALUI STRATEGI MASTERY LEARNING (Suatu Penelitian Di SMA Negeri I Peusangan Siblah Krueng Kelas I)

  • Shaghirah Shaghirah Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Sabri Yusuf

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul peningkatan kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan permintaan dan penawaran melalui strategi mastery learning. Bertujuan untuk mendeskripsikan apakah kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan permintaan dan penawaran  meningkat melalui strategi mastery learning. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian adalah kualitatif sedangkan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X2 berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes soal. Teknik analisis data melalui tes hasil belajar, tes observasi dan tes angket. Hasil penelitian adalah penggunaan Strategi mastery learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pokok bahasan pada permintaan dan penawaran di SMA Negeri I Peusangan Siblah Krueng.Kreativitas siswa yang diajarkan dengan melalui Strategi Mastery lebih efektif bila dibandingkan densgan aktivitas siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa (konvensioanl). Siswa kelas X2yang diajarkan dengan mengunakan strategi mastery learning telah mencapai ketuntasan berdasarkan hasil tes dari jumlah siswa telah mencapai nilai,di SMA Negeri I Peusangan Siblah Kreung.

 

Kata Kunci: strategi mastery learning, kreativitas belajar, materi permintaan dan penawaran

References

Daftar Pustaka

Abdillah, (2002) Perkembangan Peserta Didik. Jakarta PT Bumi Aksara

Aunurahman, (2008), Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Beyamin S. Bloom (2003), Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Bumi Aksara, Jakarta.

Baron. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. http://didin-uninus.blogspot.com/ 2009/ 03/ berpikir- kreatif. html

Carroll (2004:23), Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Depdiknas, 2003. Kurikulum tingkat satuan Pendidikan. Jakarta : Pustaka Setia

Gulford (2001). Belajar dan faktor-Faktor yang mempengaruhinya, PT,Rinika Cipta.

Getzels dan Jackson (2003) Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya, PT,Rinika cipta.

Haefele. 2003. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. http : // tyaset. blog.com/ 2003/ 02 / 15 definisi kreativitas.

Hulbeck, 2001. Belajar dan faktor-Faktor yang mempengaruhinya, PT,Rinika Cipta.

Jhons, B. Carol. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : PT Bumi Aksara

Joice and Weil (2009), Model pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

James O. Whittaker, (2002) Evaluasi Belajar Mengajar. PT, Remaja Rosda Karya Bandung.

Lewin, (2002), Metode Penelitian Masyarakat.Jakarta, Gramedia.

Munandar, (2003), Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung

Morena (2003) belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya, PT, Rinika Cipta.

Moleong, (2003), Metode Penelitian Kualitatif, PT Rineka Cipta

Rotherberg. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. http:// moethya 26.wordpress.com/ 2004/ 02 / 20 pengertian- kreativitas- 4p¬produk- proses- pendorong- pribadi/.

Reni Akbar-Hawadi dkk. (2002). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Rineka Cipta. Jakarta

Simpson. 2002. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : kineka. Cipta

Slameto (2002), Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka, Cipta, Jakarta.

Supriadi, Dedi. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT- Bumi Aksara

Suyanto, (2001) Metode dan Model Mengajar,Alvabeta Bandung.

Thailor, Halland, (2003) Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta

Utami, Munandar. 2003. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta

Wangkat dan oreovoc (2005), Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Bumi Aksara Jakarta.

Wilson, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT- Bumi Aksara

Wallas, Reni Akbar Hawadi, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Rineka Cipta. Jakarta.
Published
2017-08-14