PENGARUH PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN PEUDADA PADA MATERI KEBUTUHAN MANUSIA

  • Marlina Marlina Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Marwan Hamid

Abstract

ABSTRAK

 

Penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi didasarkan pada kurangnya pemahan dan pengetahuan siswa pada materi yang dipelajari. Bertujuan untuk mengetahuipengaruh penerapan model pengajaran langsung (Direct Instruction) terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Peudada pada materi kebutuhan manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah true-experimental research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Peudada sampel yaitu kelas X1 yang berjumlah 21 siswa dan kelas X2 yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal. Teknik analisis data menggunakan uji t hasil yang diperoleh  harga ttabel= 2,68. Dengan merujuk pada kriteria pengujian yaitu terima Ho jika t< t, dari perhitungan data diperoleh nilai thitung ttabel yaitu 3,77 > 2,68. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pengajaran

 

Kata Kunci:  Model Direct Instruction,  hasil belajar, materi kebutuhan manusia

References

Daftar Pustaka

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arief, A. 2007. Artikel Pendidikan (Membangun Motivasi Belajar Siswa) (artikel pendidikan). (Online) (http://re-searchengines.com/1007arief5.html) Diakses 22 Februari 2010.

Golan, J. 2009. Belajar dan Pembelajaran.(Online) (http://joegolan.wordpress.com/). Diakses 25 Juni 2011.

Hamalik, O.2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Nisbah. F. 2013. Model Pengajaran Langsung. (Online) (http://faizalnizbah.blogspot.com). Diakses 24 April 2014.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta

Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Suryabrata. 2003. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudrajat. A. 2011. Model Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction). (Online) (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/). Diakses 24 April 2014

Trianto. 2007.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya. Prestasi Pustaka

Unesa. R. 2011. Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction). (Online) http://rudy-unesa.blogspot.com. Diakses 24 April 2014.
Published
2017-08-14