PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TINDAKAN, PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI DI KELAS VII SMP NEGERI 8 LHOKSEUMAWE

  • Rahmi Rahmi Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Zahara Zahara

Abstract

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar velakang oleh rendahnya minat belajar siswa sehingga hasil yang diperoleh masih jauh dari harapan. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi tindakan, prinsip dan motif ekonomi di kelas VII SMP Negeri 8 Lhokseumawe. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Lhokseumawe yang berjumlah 8 kelas sebanyak 240 siswa. Sampel merupakan bagian dari populasi, sampel yang diambil adalah kelas VII3 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas control, kelas VII1 adalah model konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh didapatkan thitung> ttabel yaitu 2,72 > 1,68. Maka keputusan statistik adalah Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi ketenaga kerjaan yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together, hasil belajar, materi ketenaga kerjaan

References

Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

________________. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azizah, N, 2007. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Heads-Together) Dengan Pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus Dan Balok) Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP N 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007, Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamUniversitas Negeri Semarang. Hal: 72.

Djamara, S.B, dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni, Ismail, 2002. Model-Model Pembelajaran Mutakhir: Perpaduan Indonesia-Malaysia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal: 5-8;151-159.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung. Tarsito.

Sudjana, N. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sudjana . 2005. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & Dengan (3rd Ed.) Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A, 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal: 45-68.Bandung : Tarsito.Sugiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Bandung
Published
2017-08-14