UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL AUDITORI KINESTETIK) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN MATERI PASAR DI KELAS VIII3 DI SMP NEGERI 1 JANGKA

  • Wahyuni Wahyuni Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Win Konadi

Abstract

ABSTRAK

 

Rendahnya hasil belajar diakibatkan oleh kurangnya interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa. Bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswadan respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran VAK pada mata pelajaran ekonomi dengan materi  pasar di kelas VIII3 di SMP Negeri  1 Jangka. Pendekatan yang digunakan alam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Jangka berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes soal. Hasil penelitian pada hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jangka pada materi pasar, hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 42% meningkat pada siklus II menjadi 76,67%. Hasil aktivitas guru pada siklus I sebesar 93% meningkat pada siklus II menjadi 76,67%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 93% meningkat pada siklus II menjadi 16,66%. Hasil respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik pada materi pasar secara umum menunjukkan bahwa dukungan yang positif dengan model pembelajaram Visual Auditori Kinestetik siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran VAK, hasil belajar, materi  pasar

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimin. 2007. Prosedur Penelitian (suatu Pendektan praktek) Bandung: Tarsito

Ehrenberg dan Smith. 2003. Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Alfa
Erlangga. 2006. Pembelajaran IPS. Jakarta: Rineka cipta

Johnson. 2010. CTL Menjadi Kediatan Belajar Mengajat Menjadi Lebih Bermakna. Bandung Miza Media Utama

Johar. 2008. ModelPendekatan dalam Pembelajaran Matematika. Banda Aceh: Universitas Syiah kuala

Sanjaya Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta Prenada Media

Suprijono. 2009. Model Kooperatif Learning. Jakarta: Alfabeta

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sukwiaty. 2007. Ekonomi 1. Bandung: Yudhistira

Sugiyanto. 2008. Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Moleong. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung; Remaja Rosdakarya

Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar. Jakarta: Bina Aksara.

Nurmalia. 2006. Analisis Kemampuan Siswa Kelas 1 SMK Negeri 1 Bireuen dalam Menguasai Konsep Pecahan dan Operasi-Operasinya . Bireuen: Skripsi FKIP Universitas Almuslim. Tidak dipublikasikan.

Nurasiyah. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Lingkaran Dikelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Tidak dipublikasikan

Nurlela. 2012. Meningkatkan Model Pembelajaran VAK pada Materi Sumber daya Manusia. Jurnal (online) diakses 12 Desember 2014

Yulianto. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (ContextualTeaching and Learning) pada SMA Negeri 11 Semarang. Jurnal. (online) diakses 15 Mei 2014
Published
2017-08-14