MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 JEUMPA

  • Yenni Agustina Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen

Abstract

ABSTRAK

Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dan guru merupakan suatu masalah yang mendasar di SMA Negeri 1 Jeumpa. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi kebutuhan manusia dan kelangkaan barang dan jasa dengan model pembelajaran group investigation.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Sumber data yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah data hasil belajar siswa, data hasil observasi dan data respon siswa. Yang menjadi sumber penelitian ini adalah siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Jeumpa yang berjumlah 20 orang. Setelah semua data terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Berdasarkan nilai hasil tes aktivitas guru dari siklus I dan II terjadi peningkatan mulai kegiatan awal sebesar 21%, pada kegiatan inti sebesar 40%. Pada kegiatan akhir peningkatan sebesar 50%. Sedangkan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I dan II mulai dari kegiatan awal dengan peningkatan sebesar 27%, pada kegiatan inti terjadi peningkatan sebesar 28% dan pada kegiatan akhir peningkatan sebesar 50%. Jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dengan penerapan model pembelajaran group investigation. Secara umum respon siswa terhadap pembelajaran group investigation merasa senang, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar ekonomi siswa pada materi kebutuhan manusia dan kelangkaan barang dan jasa dengan model pembelajaran group investigation di SMA Negeri 1 Jeumpa.

 

Kata Kunci : Group Investigation (GI), hasil belajar ekonomi

References

Alam S. 2007. Ekonomi SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: Erlangga

Arikunto. Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. Suharsimi.2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Barokah, Awalina. 2013. Model-Model Pembelajaran Kooperatif. Yogjakarta: Multi Pressindo.

Dimyati dan Mudjiona, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Eko, Praptanto. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Yogjakarta: Multi Pressindo.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Moleong, J. Lexy. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusman, 2010. Model-model Pembelajaran, PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-Dasar proses Belajar Mengajar. Bandung Sinar Baru Algensido Offset.

Sugiyono, Prof. Dr. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. IKAPI : CV ALFABETA.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar Ruzz Media

Slameto, 2003. Belajar dan Faktok-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi (Edisi Revisi). FKIP Unimus Matangglumpangdua Bireuen Aceh.

The Liang Gie (2002). Cara Belajar Yang Efisien.Yogyakarta : Pusat Kemajuan Studi.

Trianto, 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Published
2018-05-15