PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI PASAR MODAL SISWA KELAS XI MAN 1 JANGKA

  • Ikram Ikram Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Zahara Zahara

Abstract

ABSTRAK

Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar yang dimiliki siswa, salah satu faktor penyebab adalah penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Guru pada umumnya hanya menggunakan metode ceramah dalam menyajikan materi pelajaran. Akibatnya siswa merasa bosan belajar akhirnya pencapaian prestasi belajar tidak seperti yang diharapkan. Untuk itu penulis mencoba mengajar dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi pasar modal siswa kelas XI MAN I Jangka Kabupaten Bireuen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan nonequivalent control group design. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas  XI MAN 1 Jangka kabupaten Bireuen yang terdiri dari 4 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 dan IPS2 yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda dan essay yang diberikan melalui pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan uji–t dengan kriteria pengujian adalah terima Ho jika   dan tolak Ho  jika  pada dk = n1 + n2 - 2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh    = 1,697 pada taraf signifikan α = 0,05 yaitu 3,033 dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar ekonomi pada materi pasar modal siswa kelas XI MAN I Jangka dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL).

 

Kata kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL)

References

Abdullah, Dahlan. 2007. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Erlangga.

Alam, dkk. (2013). Ekonomi Untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakata: PT .Glora Aksara Pratama.

Alama, Buchari. 2005. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Diah, Renowati. (2010). (Oline), hptt/www. Files. Wordpress. Com. Pasar- modal/. Doc. diakses 6 Desember 2015

Hamalik, Oemar. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Irianto, Agus. 2007. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kusuma, Riyani. (2010). (Oline). Hptt.//www..wonderpress.com/Pasar modal/doc. diakses 7 Desember 2015.

Muhibbin Syah, M.Ed. 2009. Psikologi Belajar. Bandung: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar- dasar Proses Belajar-mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

2005. Metode Statistika. Tarsito: Bandung.

Sudijono, Anas, Prof. Drs. 2005. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono, Prof. Dr. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. IKAPI : CV ALFABETA.

Riyanto, Yatim, M.Pd. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas). Surabaya: Kencana Perdana Media Group.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Tim Penyusun. (2008). Pedoman Penulisan Skripsi. Bireuen: Universitas Al Muslim.
Published
2018-05-15