PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI SISTEM DAN ALAT PEMBAYARAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUTABLANG

  • Bukhari Bukhari Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Marwan Hamid

Abstract

ABSTRAK

 

Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar yang dimiliki siswa, salah satu faktor penyebab adalah penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Guru pada umumnya hanya menggunakan metode ceramah dalam menyajikan materi pelajaran. Akibatnya siswa merasa bosan belajar akhirnya pencapaian prestasi belajar tidak seperti yang diharapkan. Untuk itu penulis mencoba mengajar dengan penerapan metode simulasi dengan metode demonstrasi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi sistem dan alat pembayaran pada siswa kelas X SMA Negeri I Kutablang Kabupaten Bireuen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan nonequivalent control group design. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas  X SMA Negeri 1 Kutablang kabupaten Bireuen yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS1 dan IPS2 yang berjumlah 42 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda yang diberikan melalui pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan uji–t dengan kriteria pengujian adalah terima Ho jika   dan tolak Ho  jika  pada dk = n1 + n2 - 2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh    = 1,684 pada taraf signifikan α = 0,05 yaitu 10,28 dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat perbandingan hasil belajar siswa pada sistem dan alat pembayaran siswa kelas X SMA Negeri I Kutablang dengan menggunakan metode simulasi dan metode demonstrasi. Hasil belajar siswa lebih baik yang menggunakan metode simulasi dengan metode demonstrasi.

 

Kata kunci : Perbandingan Hasil Belajar, Metode Simulasi dengan Demonstrasi

References

Alam, dkk. (2013). Ekonomi Untuk SM/ MA Kelas X. Jakata: PT .Glora Aksara Pratama.

Anitah,dkk. (2007). (Oline) .http://www.goegle.co.id,http://iyasphunkalfreth.blogspot.com / 2010 / 06 / perbandingan metode pembelajaran. htlm. 19 Oktober 2015.

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, dkk . 2002. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Fajriah. 2011. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Konvensional Dengan Metode Demonstrasi Pada Konsep Gerak Pada Manusia di SMP Negeri 2 Sawang. Unimus. Skripsi (Tidak dipublikasi).

Irianto. Agus .H. 2009. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Muslina. 2012. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Pada Konsep Gerak Lurus Melalui Penerapan Strategi Peta Konsep Dan Strategi Rangkuman Pada Kelas X SMA Negeri 1 Kutablang. Unimus. Skripsi (Tidak dipublikasi).

Nurmasyitah. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle dan Kooperatif Tipe NHT di Kelas VIII MTsN Dewantara. Unimus. Skripsi (Tidak dipublikasi).

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar- dasar Proses Belajar- mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

2005. Metode Statistika. Tarsito: Bandung.

Sudijono, Anas, Prof. Drs. 2005. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. jakarta: Bumi Aksara.

Sugiono.2010.Metode Penelitian, Pendekatan Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Suryabrata, S. 2006. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Grafindo Persada.

Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi (Edisi Revisi). Bireuen: Universitas Almuslim.
Published
2018-05-15