UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI KEGIATAN POKOK EKONOMI DI KELAS VII SMPN 2 KUTA BLANG

  • Asmaniar Asmaniar Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Ahmad Ahmad PGSD Universitas Almuslim

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan siswa di SMPN 2 Kuta Blang, rendahnya hasil belajar siswa, rendahnya keaktifan siswa dalam belajar dan sistem pembelajaran yang digunakan masih menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gambaran hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based instruction pada materi kegiatan pokok ekonomi di kelas VII SMPN. 2 Kuta Blang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data adalah semua siswa kelas VII1 SMPN 2 Kuta Blang Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 orang. Kriteria untuk masing-masing tindakan terdiri dari kriteria proses dan kriteria hasil. Kriteria proses tercapai jika skor hasil observasi tindakan siswa ≥ 80% dan kriteria hasil tercapai jika 85% siswa mendapat skor ≥ 70 pada tes akhir tindakan. Dari data yang diperoleh, terjadi peningkatan hasil belajar secara klasikal sebesar 33,33% dengan persentase ketuntasan dari 60% pada siklus I, menjadi 93,33% pada siklus II. Kemampuan guru meningkat sebesar 12% dari 80% menjadi 92%, sementara keaktifan siswa terjadi peningkatan sebesar 10% dari 76% menjadi 88%. Dengan demikian, ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran model PBI berdasarkan kriteria proses dan kriteria hasil telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBI dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII1 SMP Negeri 2 Kuta Blang pada materi kegiatan pokok ekonomi.

 

Kata Kunci : Hasil belajar, kegiatan pokok ekonomi, Problem Based Instruction

References

Abbas, N. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Tesis: Untuk memperoleh gelar magister pendidikan dalam bidang pendidikan matematika di PPs universitas negeri Surabaya. Tidak dipublikasi.

Anni. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Universitas Terbuka Jakarta.

Anwar. 2005. Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Tarsito

Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arfin, M. 2006. Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Surabaya : Airlangga University Press.

Asrori, M. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Darsono, M. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.

Depdiknas. 2005. Model Pembelajaran Terpadu IPS.

Hanum, L. 2011. PBM Bidang Kimia. Darussalam: Unsyiah.

Ibrahim, M, dkk. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri
Surabaya

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Mappa, S. 2008. Psikologi Pendidikan. Ujungpandang : FIP. IKIP Surabaya.

Nur, M. 2005. Guru Yang Berhasil dan Model Pembelajaran Langsung. Jakarta: Depdiknas.

Nurulwati. 2004. Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Ganexa Excact.

Prasetyo, H. 2011. Penerapan Model Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX H SMP Negeri 2 Majenang. Jurnal. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta.

Rasyid, H dan Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

Ratumanan, T.G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: University Press.

Sari, W.A dan Gunansyah, G. 2011. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas 4 SD Negeri Jogorogo 4 Ngawi. Jurnal. Bandung: IKIP.

Subadiman, B. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Kesehatan Olahraga Pada Mahasiswa Jurusan Ikor Semester Ganjil 2011/2012. Tesis. Medan: Unimed.

Sudjana, N. 2003. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

________. 2006. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyanto, K. 2004. Ekonomi 2 Pendidikan Dasar 9 Tahun. Surakarta: Pabelan

Suryosubroto, B. 2007. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syamsuddin, S. 2006. Model-Model Pembelajaran IPA SD, Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Bina Media Informasi.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresis. Jakarta: Prenada Media Group.

Usman. 2008. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Yanti, E. 2011. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Melalui Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Sukadana. Jurnal. Medan: Universitas Tanjungpura.
Published
2018-05-15