KETERLIBATAN ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA JANGKA ALUE’BIE KECAMATAN JANGKAKABUPATEN BIREUEN

  • Iskandar Iskandar Prodi Pendidikan Geografi Universitas Almuslim-Bireuen

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterlibatan istri nelayan baik di dalam dan luar rumah tangga  dalam meningkatkan pendapatan keluarga nelayan di desa Jangka Alue’Bie kecamatan jangka kabupaten Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk keterlibatan istri nelayan dalam meningkatkan pendapatan keluarga di desa Jangka Alue’Bie kecamatan jangka Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu: mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Lokasi penelitian yaitu di desa Jangka Alue’Bie kecamatan Jangka kabupaten Bireuen.Pengambilan sampel (Informan Penelitian) dilakukan sesuai dengan karakteristik penelitian kualitatif yaitu menggunakan teknik bola salju (snowball sampling), dengan jumlah informan sebanyak 14 istri nelayan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi/partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan istri nelayan di dalam rumah tangga yaitu menyuci, memasak, melayani suami, mengelola rumah tangga dan mengurus keluarga. Sedangkan peranan istri nelayan di luar rumah tangga seperti menjadi buruh cuci, tempat penitipan anak, pengrajin garam, berdagang dan menjadi pengrajin ikan asin yang secara langsung dapat meningkatkan pendapatan keluarga nelayan, Rata-rata pendapatan istri nelayan baik sebagai pengrajin garam, buruh cuci, pengrajin ikan asin, berdagang dan pengasuh anak hanya berkisar antara Rp. 300.000 – 1.000.000/bulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendapatan istri nelayan yang bekerja di luar rumah tangga masih tergolong rendah.

 

Kata kunci:Istri Nelayan,  Pendapatan Keluarga.

References

Anwar, Desy. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Amalia.

Aryani. F. 1994. Analisis Curahan Kerja dan Kontribusi Penerimaan Keluarga Nelayan dalam Kegiatan Ekonomi di Desa. (Studi Kasus di Desa Pasir Baru Kec. Cisolok Kab. Sukabumi. Tesis Tidak Dipublikasikan. IPB Bogor.

Jume’edi. 2005. Peran Wanita dalam Meningkatkan Pendpatan Keluarga Nelayan di Keluarahan Ujung Batu Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Tesis Tidak Diplukasikan. Universitas Diponegoro. Semarang.

Handayani, M.Th. dan N.W.T. Artini. 2009. Kontribusi Pendapatan Ibu Rumah Tangga Pembuat Makanan Olahan Terhadap Pendapatan Keluarga. Piramida Jurnal Kependudukan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Volume V No. 1 Juli 2009.

Kusnadi. 2003. Polemik Kemiskinan Nelayan. Yogyakarta: Lkis.

Moleong. Lexy j. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Notopuro.2004. Mengembalikan Daulat Warga Pesisir. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhayati, M. 2007. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Jaa Barat. Skripsi. Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor (IPB).

Sukari. 2002. Peranan Wanita Dalam Rumah Tangga Nelayan di Desa Bendar Pati Jawa Tengah. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Pengkajian Sejarah Dan Antropologi (Lp2sa)

Tindjabate, C. 2001. Kemiskinan Pada Masyarakat Nelayan. Studi Tentang Proses Pemiskinan dan Strategi Bertahan Hidup Masyarakat Nelayan Tradisional di Daerah Kabupaten Poso Sulawesi Tengah. Desertasi Doktor Tidak Dipublikasikan, PPS UGM Yogyakarta.
Published
2018-05-16