HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL PELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 JULI KABUPATEN BIREUEN

  • Cucut Satria Barona Prodi Pendidikan Geografi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Muntasir Muntasir

Abstract

ABSTRAK

 

          Penelitian ini berjudul Hubungan Interaksi Sosial Pelajar terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Juli Kabupaten Bireuen. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan data tentang hubungan interaksi sosial pelajar terhadap hasil belajar siswa IPS terpadu di SMP Negeri 2 Juli Kabupaten Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah assosiatif. Teknik pengambilan sampelnya secara random. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Simple Korelation. Populasi dalam penelitian ini ialah keseluruhan siswa kelas I sampai kelas VIII Negeri 2 Juli dengan jumlah sebanyak 209 orang. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh menurut rumus Isoac Maichel, maka besarnya sampel yang dipilih sebanyak 52` orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan interaksi sosial pelajar terhadap hasil belajar siswa IPS terpadu di SMP Negeri 2 Juli. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian diperoleh nilai thitung 1,74> ttabel  1,71.

 

Kata Kunci: Interaksi Sosial Pelajar, Hasil Belajar Siswa, SMP Negeri 2 Juli.

References

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dayakisni, Tri & Hudaniah. 2009. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Sapriya. 2009. Membimbing guru dalam penelitian tindakan kelas. Jakarta: Depdikbud.

Solihatin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2002. Statistik Dasar. Bandung: Kaifa.

Sugihatono. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabroto. 2002. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2018-05-16