PENGARUH IKLAN DAN BRAND IMAGE SIRUP BUNGA PADI 168 TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI DESA REULEUT KECAMATAN KOTA JUANG

  • Marwan Hamid Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Sarita Sarita

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan brand image sirup bunga padi 168 terhadap minat beli konsumen. Variabel independen yang diteliti yaitu; Iklan (X1) dan Brand image Sirub Bunga Padi 168 (X2), dengan variabel dependen Minat Beli Konsumen. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 71 responden konsumen sirub bunga padi 168. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode sampeling insidental. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji realibilitas. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan berpengaruh secara persial terhadap minat beli konsumen. Brand image sirup bunga padi 168 memiliki pengaruh secara persial terhadap minat beli konsumen dan iklan dan brand image sirup bunga padi 168 secara simultan terhadap minat beli konsumen.

 

Kata Kunci : Iklan, Brand image Sirup Bunga Padi 168, dan minat beli konsumen

References

Basu Swatha D.H. & Irwan 2003, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Davidsoon, William R, Sweeney, Daniel J. : and Stampfl, Ronald W, Reatailing Management 6/E, Canada John Willey dan Sons, Inc 1998.

Ferdinand, Augusty T, 2002. Kualitas Strategi Pemasaran : Sebuah Studi Pendahuluan, Jurnal Sains. Pemasaran Indonesia, Vol.I, No. 1, (Mei), P.107-119.
Gitosudarmo, Indriyo. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : BPFE.

Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service)

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane 2009. Manjemen pemasaran, jilid 2 Edisi 13. Jakarta : Erlangga.

Cecilia, Rita Utami. 2012. Pengaruh Iklan, Brand Trust, dan Brand image Terhadap Minat Beli Konsumen Teh Pucuk Harum (Studi kasus pada siswa SMA Nusantara 065 Jakarta :Jakarta Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Moriarty, Sandra. dkk. 2011. Advertising. Jakarta : Kencana.

Sangadji, Etta, Mamang & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : CV
.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta : Liberty.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang
Published
2018-05-23