PELAKSANAAN SISTEM MOVING CLASS PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP 1 KUALA BIREUEN

  • Iskandar Iskandar Prodi Pendidikan Geografi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Fitria Anzani

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul â€Pelaksanaan Sistem Moving Class Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 1 Kuala (Bireuen)â€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan sistem moving class pada pembelajaran IPS dan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan sistem moving class pada pembelajaran IPS serta tanggapan siswa terhadap pelaksanaan sistem moving class pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kuala kabupaten Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, dan menyajikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan moving class pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kuala berjalan dengan baik dan lancar, namun tidak dapat dipungkiri masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan tersebut terutama pada pembelajaran IPS. Pihak sekolah dan peserta didik tetap mengharapkan SMP Negeri 1 Kuala tetap menerapkan sistem moving class tersebut. Penggunaan sistem pembelajaran yang bermutu dapat memberikan stimulus yang baik bagi kemajuan perkembangan siswa selama mengikuti pemlajaran di kelas khususnya untuk jenjang pendidikan menengah pertama (SMP).

 

Kata Kunci : Sistem Moving Class dan Pembelajaran IPS

References

Direktorat Pembinaan SMA. 2010. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sistem Moving Class di SMA. Jakrata: Ditjen Mendiknasmen.

Geger, Anim Hadi. 2008. Mengapa Harus Menggunakan Moving Class. Wordpress. com.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gunawan. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Moleong. Lexy j. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurbaeti, Vivi. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moving Class dan Lintas Minat di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Banjarnegara. IAIN Purwokerto.

Sagala, Syaiful 2011. Manajeme Stategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alvabeta.

Sani, Ridwan Abdullah. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.
Sapriya, dkk. 2006. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI Press.

Supriyanto, Didik. Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Vol 1 No. 1.
Suparji. 2012. Korelasi Moving Class Terhadap Motivasi Belajar. Wordpress. com.

Surastomo, Nunik Murdiati. 2010. Scrambled Egg is Delicious. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
Published
2018-05-23