PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF ( IPK ) MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI PROGRAM STRATA 1 UNIVERSITASALMUSLIM

  • Yenni Agustina Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen

Abstract

Abstrak

Hubungan antara tingkat dan pendidikan motivasi orang tua terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi program S-1 angkatan 2008 FKIP ALMUSLIM dijelaskan dalam skripsi ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah 50 orang yang telah menjalani 130 SKS yang dinyatakan telah lulus dalam setiap mata kuliah yang dijalani oleh mahasiswa dalam 2 kelas regular. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat pendidikan dan motivasi orang tua terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi koperasi program S-1 angkatan 2008 FKIP ALMUSLIM sebesar 0,115199. Semakin tinggi tingkat pendidikan dan motivasi orang tua maka semakin tinggi indeks prestasi belajar mahasiswa yang diperoleh. Dengan melihat besarnya hubungan antara tingkat pendidikan dan motivasi orang tua terhadap indeks prestasi belajar mahasiwa diharapkan agar orang tua dapat menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan anaknya.

 

Kata Kunci     : Motivasi Orang Tua, Indeks Prestasi Kumulatif

References

Abror, J, (2009), Motivasi Dalam Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

A.M. Sadirman, (2005 : 92-94) Motivasi Anak dan Belajar, Cara Meningkatkan Motivasi Belajar. Diambil dari http://belajarpsikologi.com. Diakses 7 Maret 2010.

Adini, (2010). Korelasi Tingkat Pendidikan dan Motivasi Orang Tua Terhadap Indeks Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Program S-1 Angkatan 2006 FMIPA UNIMED

Dalyono (2009). Psikologi Pendidikan. Edisi ke-5. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Fathurrohman dan Sutikno (2007: 20), Motivasi Belajar.Diambil dari http://www.anneahira.com/motivasi-index,htm. Diakses pada 7 Maret 2011.

Hasbullah, (2009), Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Rajawali Pers, Jakarta.

Ilyas. (2010). Peran Ideal Dosen Pembimbing Akademik Dan Prestasi Belajar Mahasiswa, Jurnal Pendidikan dan Budaya: 3. Diambil dari http://educare.efkipunla.net/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=72. Diakses tanggal 14 februari 2010.

Pasaribu, M. (2002), Korelasi Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Indeks Prestasi Belajar Akutansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2007/2008., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.

Mc. Donald (dalam Oemar Hamalik, 2003 :158), Teori Motivasi Belajar, Surabaya: SIC

Mendikbud no.20/UUD/2003, Sistim Pendidikan Nasional.
Riduwan (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Edisi ke-3. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC

Setiyoningsih, Retno. 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Angkatan 2003 di Universitas Negeri Semarang, Skripsi, FE, Universitas Negeri Semarang, Semarang. Diambil dari http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASH0b9d.dir/doc.pdf. Diakses pada 09 Maret 2010.

Slameto (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi ke-4. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Sudjana (2002). Metoda Statistika. Edisi ke-6. Bandung: Penerbit PT. Tarsito.

Sudrajat, (2008), Teori-teori Motivasi Tentang Pendidikan.Universitas Gunadarma,Jakarta.

Arikunto (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Ke-6. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Unimed. (2009). Buku Pedoman Tahun Akademik 2008/2009. Medan: UNIMED

Uzer Usman, (2008), Model Pembelajaran, Metode Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zahara, dkk. (2006¬) Buku Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Yayasan Al-Muslim
Published
2018-05-31