UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI REVOLUSI INDUSTRI KELAS XI.ISS.1 SMA NEGERI 1 JEUMPA BIREUEN

  • Maiyanti Maiyanti SMA Negeri 1 Jeumpa Kabupaten Bireuen

Abstract

 

ABSTRAK

 

Pembelajaran dengan model Discovery Learning bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada  mata pelajaran sejarah dengan materi Revolusi Industri di kelas XI.IIS.1 SMA Negeri 1 Jeumpa Kabupaten Bireuen. Mamfaatnya bagi siswa dapat meningkatkan meningkatkan minat belajar sejarah pada materi Revolusi Industri sehingga semua materi yang dipelajari dapat terserap dengan baik. Sedangkan mamfaatnya bagi guru dapat Meningkatkan  pengetahuan dan pengalaman  secara pribadi serta mengembangkan pembelajaran yang dapat menunjang terlaksananya k-13 melalui metode Discovery Learning. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XI.IIS.1 SMA Negeri 1 Jeumpa. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian Tindakan Kelas ini merupakan hasil kegiatan belajar siswa kelas XI.IIS.1, hasil tes tertulis dan observasi yang dilakukan oleh guru. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini diperoleh pada siklus pertama 10 orang (47,61%) siswa telah mencapai ketuntasan, sedangkan jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan 11 orang (52,38%) dengan nilai rata-rata 70,60. Kemudian pada siklus kedua ketuntasan belajar siswa sebanyak 17 orang (80,95%), sedangkan 4 orang (19,04%) belum mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 78,55.

 

Kata Kunci: Minat Belajar, Sejarah, Model Discovery Learning

References

DAFTAR PUSTAKA

Anita, Lie. 2003. Cooperative Learning. Jakarta Grasindo

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Badrika I Wayan, Kurikulum 2013, Sejarah untuk SMA Kelas XI : Erlangga

Djamarah, S, B. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendidikan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah. B. Uno. (2005). Model Pembelajaran ’’Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif”. Bumi Aksara: Jakarta

Iskandar A.M 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta Raja Persindo Persada

Moleong, J.Lexy.2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangannya. Kencana Prenada: Jakarta.

Riyanto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group: Jakarta

Slameto. 2003.Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugianto,2008. Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta : Panitia Sertifikasi

Suryabrata, S. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Published
2020-09-03