ANALISIS PENGEMBANGAN HOME INDUSTRY KERUPUK TEMPE DI DESA KUBU KECAMATAN PEUSANGAN SIBLAH KRUENG KABUPATEN BIREUEN (Studi Kasus Usaha Bapak Mulyadi)

  • Yenni Agustina Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Fatma Khaira

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini tentang analisis pengembangan home industry kerupuk tempe  di Desa Kubu Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen (Studi Kasus Usaha Bapak Mulyadi). Tujuan penelitian ini untuk mengindentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam rangka menyusun strategi pengembangan usaha kerupuk tempe Bapak Mulyadi di Desa Kubu Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen. Pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dan merupakan penelitian lapangan.. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan (observasi), pertanyaan (quistioner) dan studi kepustakaan (library research). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis SWOT yaitu analisis yang didasarkan pada logika untuk dapat memaksimalkan kekuatan (strenghts) dan peluang (Oppourtunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pada faktor internal dapat diidentifikasi yang menjadi kekuatan utamanya adalah produk berkualitas bagus, kelemahannya sarana dan prasarana produksi masih bersifat tradisional. Sedangkan dari hasil analisis faktor eksternal, dapat diidentifikasikan peluang utamanya adalah permintaan kontinu, ancamannya adanya pesaing. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk pengembangan home industry kerupuk tempe Bapak Mulyadi di Desa Kubu Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen adalah menggunakan strategi agresif yaitu dengan cara memenuhi permintaan yang selalu kontinu dengan terus berusaha mempertahankan kualitas produk untuk menjaga kepercayaan konsumen, menjaga nama baik dan hubungan yang saling menguntungkan dengan para mitra untuk mempermudah memperoleh bahan baku dan memasarkan produk.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Andi, Mappiare AT. 2009. Dasar-dasar Metodologi Riset Kualitatif Untuk Ilmu Sosial dan Profesi. Malang: Jenggala Pustaka Utama.

Arikunto, S, 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

BPS Departemen Pertanian, 2014. Pengolahan Hasil Pertanian. Kementan. Jakarta.

Bungin, M. Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cahyani, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Usaha Kecil Susu Murni Kakilima di Jalan Dr.Mansyur Simpang Lampu Merah. Program Studi Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univeristas Sumatera Utara Medan.

Dewantara, D dan Indriyani, R. 2015. Analisa Pengembangan Bisnis Pada Pt. Sentosa Adi Makmur Surabaya (Studi Kasus Pada Aspek Pemasaran). Jurnal Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra

Firmansyah A. 2007. Pengaruh perubahan harga dan teknologi terhadap produksi dan penggunaan bahan baku di Perusahaan Kerupuk Ratna Sari, Tangerang [skripsi]. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Furchan, A. 2007. Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hafsah, Muhammad Jafar. 2010. Kemitraan Usaha: Konsepsi dan Strategi. Jakarta: PT. Pustaka Sinar Harapan.

Harahap, Sofyan, Syafri. 2007. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Indriyani. 2009. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Yoghurt (Studi Kasus pada Unit Peternakan Darul Fallah (Dafarm), Desa Benteng Ciampea, Bogor-Jawa Barat). Jurnal

Jatmiko, RD . 2008. Pengantar Bisnis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Moleong J. Lexy. 2008. Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, F. 2015. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sianipar dan Entang. 2008. Teknik- Teknik Analisis Manajemen. Bahan Ajar Diklat PIM Tingkat II.

Silvia, E., S. Mujiharjo, Yuwana, K.H. Dewi. 2014. Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Usaha Pengolahan Ikan Kering di Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional BKS PTN Barat 966-974, 2014. Universitas Bengkulu.

Soekartawi, 2007. Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis Modern. Pustaka Harapan, Jakarta.

Stanton, William J. 2007. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Edisi ke Tujuh, Alih Bahasa Y. Lamarto, Erlangga.

Sudarsono, Heri. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Edisi Keempat. Yogyakarta: Ekonisia

Sukirno. 2007. Pengantar Teari Ekonomi Mikro. Penerbit: Raja Grafindo Persada Jakarta.

Sulistyo. 2010. Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Dengan Basis Ekonomi Kerakyatan Di Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang.

Suryana.2013. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta Selatan. Salemba Empat.

Utami, M. Fadilah. 2008. Studi Pengembangan Usaha Kerupuk tempe Di Kabupaten Rembang (Studi Kasus di Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang). Jurnal

Wahyono, R. dan Marzuki. 2006. Pembuatan Aneka Kerupuk. Jakarta: Penebar Swadaya.
Published
2020-09-03