ANALISIS LAYANAN JASA KOPERASI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI (Studi Kasus Koperasi Bina Usaha di Desa Gampong Raya Dagang)

  • Zahara Zahara Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Siska Silvia

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bentuk layanan yang diterapkan Koperasi Bina Usaha Gampong Raya dalam mensejahterakan anggotanya. Analisis Layanan Jasa Koperasi terhadap Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah anggota koperasi Bina Usaha Gampong Raya sebanyak 20 Anggota. Teknik analisis uji asumsi klasik, uji regresi berganda, pengujian hipotesis. Hasil penelitian pengujian diperoleh thitung= 3,138 (P = 0,001) pengujian signifikan artinya terdapat pengaruh positif layanan jasa koperasi dan tingkat kepuasan anggota koperasi terhadap tingkat kepuasan anggota koperasi. Dari persamaan regresi tersebut dapat diinterprestasikan sebagai nilai konstanta regresi sebesar 6,062, menunjukkan bahwa pada layanan jasa koperasi dan tingkat kepuasan anggota koperasi dengan tingkat kepuasan anggota koperasi X = 0, maka layanan jasa koperasi dan sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan anggota koperasi di Koperasi Bina Usaha Gampong Raya Dagang sebesar 6,062. Sedangkan X1 (layanan jasa koperasi) koefisien regresinya sebesar 0,112, mempunyai pengaruh positif terhadap Y (tingkat kepuasan anggota koperasi).

 

Kata Kunci: Jasa Pelayanan dan Kepuasan Anggota

References

DAFTAR PUSTAKA

Anoraga, Pandji & Widiyanti, Ninik. 2007, Dinamika Koperasi.Jakarta:PT.Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi.1998. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Baswir, Revrisond. 2000. Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Boyd Walker dan Larrence. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Harris, G, 2002. 101 Cara Mempromosikan Bisnis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hendrorojogi. 1997. Koperasi Azas-azas Teori dan Praktek. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Jakarta: Badan Penelitian Pengembangan Koperasi Departemen Koperasi Moenir, H.A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Juliandi, Azuar dan Irfan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Bisnis. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu, Edisi Milenium. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kualitas Makanan yang disediakan Maskapai Penerbangan Domestik di Indonesia. Jurnal Manajemen Perhotelan, Volume 2 Nomor 1 Maret 2006.

Kusnadi, Hendar. 1999. Ekonomi Koperasi Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa : Berbasis Kompetensi. (Edisi III). Jakarta : Salemba Empat.

Listyaningrum, Dori Novita. 2016. Perkembangan Koperasi di Dunia dan di Indonesia. Jurnal Koperasi.

http://www.academia.edu/14385907/jurnal_koperasi. 31 Januari 2017.

Masngudi. 1990. Penelitian Tentang Sejarah Perkembangan Koperasi Di Indonesia.

Nazir, M. 1999. Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2000. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Manajemen Koperasi Indonesia. 2000. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Simanjuntak, Pantas. 2012. Tata Tulis Laporan. Medan: USU Press.

Rudianto. 2010. Akuntansi Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.Santoso, Singgih. 2003. Statistik Deskriptif Konsep dan Aplikasi dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sartika, Tiktik. 2009. Ekonomi Koperasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sitio, Arifin dan Halomoan Tamba. 2001. Koperasi Teori dan Praktek, Jakarta: Erlangga.

Subyakto dan Cahyono, B.T. 1983. Ekonomi Koperasi. Yogyakarta: Liberty. Sudarsono, dkk.

Sumarsono, Sonny. 2003. Manajemen Koperasi Teori dan Praktek. Graha Ilmu Yogyakarta.

Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.

Tantrisna dan Prawitasari. 2006. Analisa Harapan dan Persepsi Penumpang Terhadap
Published
2020-09-03