PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Rahmi Hayati Prodi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim-Bireuen
  • Husnidar Husnidar

Abstract

Abstrak

 Matematika merupakan mata pelajaran yang menunjang ilmu pengetahuan lain. Namun kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan matematika ke dalam situasi kehidupan real. Pembelajaran Quantum Learning yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan salah satu pembelajaran dalam matematika yang membantu siswa menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Quantum Learning lebih baik dari pembelajaran konvensional pada materi merasionalkan penyebut bentuk akar kelas X di SMK Negeri 1 Bireuen.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas X Tehnik Informatika 1 dan X Tehnik Informatika  2 SMK Negeri 1 Bireuen, dengan sampel sebanyak masing-masing kelas 27 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa test, sedangkan untuk pengolahan data merasionalkan penyebut bentuk akar dengan metode Quantum Learning dengan rumus Analisis Varians, selanjutnya untuk mengetahui pengaruh signifikan atau di uji dengan menggunakan statistik t pada taraf signifikan 0,05. Dari pengujian hipotesis  statistik uji –t diperoleh thitung  sebesar 5,60 sedangkan ttabel sebesar 1,67. Maka di dapat thitung > ttabel  pada taraf signifikan 0,05% dan derajat kebebasan dk = n1 + n2 – 2 = 52. Berarti thitung > ttabel atau 5,60 > 1,67 jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Quantum Learning lebih baik dari pada pembelajaran Konvensional pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMK Negeri 1 Bireuen.

Kata kunci: Quantum Learning, pembelajaran, matematika

References

DAFTAR PUSTAKA


Anonim. 1993. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: FIP IKIP Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

De Porter,Bobbi dan Mike Hernachi. terjemahan Alwiyah Abdurrahman. 2000. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Moleong, J Lexy. 1994. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyati Tita. 2008. Matematika SMK. Bandung : Gerbang Ilmu.

Sudjana, N. 1987. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Usman, Moh. Uzer. 2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2020-09-03