ANALISIS FAKTOR SOSIAL EKONOMI USAHA BUDIDAYA UDANG VANNAMEI DI KECAMATAN JANGKA (Studi Kasus di Desa Jangka Alue Bie dan Desa Tanoh Anoe)

  • Yenni Agustina Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Ullya Ullya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, luas lahan tambak serta biaya produksi terhadap pendapatan petani tambak pada usaha budi daya udang vannamei, Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha tambak udang Vannamei di Desa Jangka Alue Bie dan Desa Tanoh Anoe Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen yang berjumlah 20 orang. Sampel adalah bagian dari populasi tersebut. Oleh karena itu, yang dijadikan sampel pada penelitian adalah seluruh pengusaha tambak udang Vannamei di Desa Jangka Alue Bie dan Desa Tanoh Anoe Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Data dikumpulkan dengan mengisi kuesioner, kemudian data tersebut diolah secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t, diperoleh nilai thitung yang untuk variabel luas lahan tambak lebih besar dari ttabel yaitu 3,00 > 1,746 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Berarti luas lahan tambak berpengaruh terhadap pendapatan. Nilai thitung untuk variabel biaya produksi dan variabel pendidikan thitung lebih kecil dari ttabel, yang artinya H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil uji F, maka dapat dijelaskan nilai Fhitung sebesar 13,203, sedangkan nilai Ftabel 3,24. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel. Dari hasil pengujian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa menerima Ha dan menolak H0. Artinya bahwa luas lahan tambak, biaya produksi dan pendidikan turut mempengaruhi pendapatan petani tambak.

 

Kata Kunci: Pendapatan, pendidikan, Luas lahan tambak, dan biaya produksi.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, S.A, 2007, Ilmu Kimia dan Kegunaan Tumbuhan-tumbuhan Obat Indonesia, 43-44 , 63-64 ITB Press, Bandung.

Ahmad. M. 2007. Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikonto, S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI, Rineka Apta, Jakarta.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Januar, J. 2010. Kajian Sosial Ekonomi Usaha Budidaya Udang Vannamei (Litopenaeus Vannamei) di Desa Dinoyo Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Universitas Jember. J-SEP Vol. 4 No. 1 Maret 2010.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Lenny Dinamaria Samosir. 2010. Hubungan Beberapa Faktor Sosial Ekonomi, Sikap Petani Cabai Merah Terhadap Teknologi Pembuatan Pupuk Bokashi. Universitas Sumatera Utara.

Mahmudi, (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarata: UPP. AMP YKPN.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 2010

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Alfabeta.

Teddy Herlambang. 2007. Ekonomi Makro, Teori, Analisis dan Kebijakan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Winardi. 2006. Ekonomi Internasional. Jakarta: Erlangga.

Wulan, R. 2013. Karakteristik Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Penerapan Teknologi Pertanian Semi Organik Pada Komoditi Padi Sawah. Skripsi. Medan. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian.
Published
2020-09-03