PENGARUH PENDEKATAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X MIA 2 DI SMA NEGERI 2 BIREUEN

  • Zahara Zahara Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Rian Rivaldi

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Paikem Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X MIA 2 Di Sma Negeri 2 Bireuen. Prosedur penelitian yang dilaksanakan peneliti dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bireuen  Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen pada tanggal 6 januari 2018 . Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas satu ( x ) yang ada di SMA Negeri 2 Bireuen yang berjumlah 160 orang, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 yang berjumlah 24 orang. nilai uji-t dilakukan untuk mengetahui tentang kebenaran argument yang mengatakan pengaruh hasil belajar siswa ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan paikem menunjukkan bahwa nilai hasil uji-t terhadap penugasan materi siswa kelas X MIA 2 pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh Thitung 32,29 dan Ttabel 1,71. Dengan demikian hasil perhitungan di atas terlihat bahwa Thitung > Ttabel yaitu 32,29 > 1,71 karena Thitung > tabel maka hipotesis  di tolak dan terjadi penerimaan hipotesis alternatif ( ).  sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang diajakarkan dengan menggunakan Pendekatan Paikem lebih baik atau terdapat pengaruh terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X MIA 2 di SMA Negeri 2 Bireuen dengan menggunakan pendekatan paikem.

 

Kata Kunci     : Pendekatan Paikem, Hasil Belajar.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arifin. (2000:84). Strategi belajar mengajar. Bandung : Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Arikunto, ( 2005). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Jakarta : Rineka Cipta

Deliarnov, (2003:3). Hasil Belajar Ekonomi. Jakarta: RajaGrafindo

Persada Hartono, dkk. 2012. PAIKEM; Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Riau: Zanafa Publishing.

Ismail. SM., Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM,Semarang: Rasail Media Group, Cet 1, 2009.

Nurhadi, (2004:20). Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press

Rusman. (2012:124). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA

Suparlan dkk, (2008: 70). Wawasan pendidikan: Sebuah pengantar pendidikan.Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia

Sugiyono. (2010:14), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, (2006:91), Statistika Untuk Penelitian,Cetakan Ketujuh, Bandung: CV. Alfabeta.

Suherman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA UPI

Vardiansyah, Dani. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Indeks, Jakarta 2008. Hal.10
Published
2020-09-03