ANALISIS KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 2 PEUSANGAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI VEKTOR

  • M. Taufiq Prodi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim
  • Fatimah Fatimah
  • Nita Zahara

Abstract

Dalam penelitian ini, telah dilakukan pengembangan proses pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning yang bertujuan untuk melihat ketuntasan belajar siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Peusangan pada materi vektor. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X, sedangkan sampelnya diambil 1 kelas secara acak yaitu kelas X IPA 3. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes essay yang diberikan setelah treatment dengan proses pebelajaran menggunakan model Discovery Learning selesai dilakukan. Setelah data hasil tes terkumpul, selanjutnya data dianalisis data dan membandingkan dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 75%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh sebesar 96,4%. Hal ini berarti terjadi penggunaan model discovery learning berpengaruh terhadap ketuntasan belajar siswa mengenai materi vektor.

 

Kata Kunci: Discovery Learning, ketuntasan belajar, vektor.

References

Balım, A., G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1-20.

In’am, A. & Siti Hajar. (2017). Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction Vol.10, No.1 e-ISSN: 1308-1470. URL: http://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2017_1_4.pdf

Pujiati, Irma. (2008). Peningkatan Motivasi dan Ketuntasan Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. KHAZANAH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. I, No. 1 (September 2008)

Sudin, A., Gina R. & Atep S. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016)

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Published
2020-01-01