MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PPKn MATERI KETENTUAN UUD NKRI 1945 DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA MELALUI PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS X SEMESTER I SMK NEGERI 7 LHOKSEUMAWE TAHUN 2017/2018

  • Suryani Suryani Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Lhokseumawe  kelas X Semester I dengan jumlah siswa 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Hasil observasi awal di SMK Negeri 7 Lhokseumawe , pada pembelajaran PKn kelas X Materi Ketentuan UUD NKRI 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diperoleh data bahwa siswa masih belum mengusai materi tersebut. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran anak sehingga prestasi belajar anak dapat meningkat melalui pendekatan portofolio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan proses pembelajaran dari siklus I sampai dengan siklus II dapat dilihat dari hasil angket yang diberikan sebelum dan setelah tindakan. Skor pengamatan yang diberikan oleh guru observer pada siklus I: 60,87%, siklus II: 91,30%. Skor pengamatan keaktifan siswa juga meningkat dari siklus I sampai siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Ketentuan UUD NKRI 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan demikian, hendaknya guru dapat menerapkan pendekatan portofolio agar pembelajaran PKn  yang dilakukan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.

 

Kata Kunci: Keaktifan siswa, Portofolio.

References

Arikunto, Suharsimi. 1999. “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”. (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Budiamansyah, Dasim. 2002. Portofolio. Bandung: Ganesindo

Hakim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. CV. Wacana Prima. Bandung

https://media.neliti.com/media/publications/115918-ID-penerapan-pembelajaran-berbasis-portofol.pdf

http://makalahsebagaikumpulanilmu.blogspot.com/2015/09/karakteristik-penilaian-portofolio.html

http://www.sarjanaku.com/2011/01/fungsi-dan-tujuan-penilaian-portofolio.html

http://uchanmath.blogspot.com/2013/08/karakteristik-penilaian-portofolio.html

http://konselorqita.blogspot.com/2014/04/pelaksanaan-penilaian-berbasis.htm

UUD NKRI 1945 Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Kanandar, S. Pd. M, Si, 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. CV. Wacana Prima. Bandung

Nasution,S.1995.Didakti Asas-Asas Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al Genindo.

Sudjana,N. 2002. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo:Bandung.

Sudjana, Nana, 2009. Pengertian Hasil Belajar. http : // techonly 13 wordpress.com.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2020-01-01