MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR: PADA KELAS IX MTsN 6 BIREUEN

  • Erlina Erlina Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstract

Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini  untuk mendapatkan gambaran penerapan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perpangkatan dan bentuk akar di kelas IX MTsN 6 Bireuen. Tehnik yang digunakan adalah  tehnik analisis data  kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar kerja siswa (Tes). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.2 MTsN 6 Bireuen  yang terdiri dari 20 siswa pada semester ganjil tahun 2019/2020. Berdasarkan hasil observasi, pada  siklus I,siklus II dan siklus III, aktivitas siswa meningkatan hasil tes awal pada siklus pertama dari 25,% meningkat menjadi 40% pada siklus kedua baik aktivitas maupun hasil tes siswa. Begitu juga aktivitas dan hasil tes siswa 40% pada siklus kedua meningkat 65% pada siklus ketiga.  Hasil tes kemampuan  rata-rata sebesar  50.50 pada tes awal (siklus pertama) menjadi rata-rata 59.75 pada hasil tes siklus kedua dan meningkat lagi menjadi 73.03 pada siklus ketiga. Kualitas kompetensi guru dalam pembelajaran matematika meningkat dari 85% pada siklus pertama menjadi 87.% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 89% pada siklus ketiga. Dari hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas, baik siklus pertama, siklus kedua serta  siklus ketiga, dapat disimpulkan bahwa  model pembelajaran langsung dapat memacu dan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi perpangkatan dan bentuk akar siswa kelas IX.2 MTsN 6 Bireuen Kabupaten Bireuen.

 

Kata Kunci:    Pembelajaran langsung, Prestasi siswa, Perpangkatan dan Bentuk akar

References

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Arends, Trianto, 2011. Model Pembelajaran Langsung.

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2007. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Jakarta.

Cholik, Adinawan, Sugijono, 2005. Matematika untuk SMP/MTs kelas IX, Erlangga, Jakarta.

Kardi, Nur Trianto, 2011. Pengajaran langsung.

Kunandar, 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru, PT Raja grafindo Persada, Jakarta.

Masnur, Muslich. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Konstektual, Panduan bagi guru,Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Bumi Aksara, Jakarta.

Mulyasa, 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, PT. Remaja Rostakarya, Bandung.

Moh.Nazir, 1988. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Published
2020-01-01